Saturday, September 25, 2010

Asal Mula AS Mendapat Julukan Negara Paman Sam

Dahulu ada orang bernama Sam Wilson. Ia dilahirkan di Arlington, 13 September 1766. Pada usia 14 tahun ia menjadi sukarelawan bagi negaranya. Setelah dewasa, ia membuka usaha daging kemasan di New York.
Pada suatu ketika, gubernur New York berkunjung ke tempat usahanya dan menanyakan arti EA-US yang tertera di kemasan daging tersebut. Seorang pegawainya menjelaskan bahwa huruf EA adalah singkatan dari Elbert Anderson, yaitu pemilik modal yang membantu usaha Sam Wilson. Sedangkan US, sambil berkelakar pegawai tadi mengatakan adalah singkatan dari “Uncle Sam” Wilson. Padahal US adalah singkatan dari United Stated (Amerika Serikat).
Kisah di atas akhirnya ditulis dalam sebuah koran. Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan kewiraswastaan karena ia suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Akhirnya nama Paman Sam resmi dipakai sebagai julukan negara Amerika Serikat.
Pada tahun 1961, Paman Sam Wilson mendapat penghargaan dari pemerintah Amerika sebagai datuk dari lambang nasional Amerika. Hingga sekarang, orang Amerika bangga dengan julukan dan citra yang dimiliki Paman Sam.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 12:55 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer