Thursday, May 17, 2012

Menjalankan File Jar di Komputer

File jar pada dasarnya adalah file java yang hanya dapat dijalankan di ponsel atau perangkat yang mendukung java. Namun, ketika hendak menjalankannya di komputer—misalkan online dengan Opera Mini di komputer—biasanya kita dapat mengandalkan emulator SjBoy. SjBoy juga bukan program baru dan sudah cukup lama dikenal. Tetapi, sayangnya SjBoy masih memiliki banyak kekurangan, semisal gambar Opera Mini menjadi tak bisa ditampilkan, tidak dapat menjalankan Opera Mini 5 ke atas, dan masih banyak lagi file jar lainnya yang ditolak.

Di sini kita akan menggunakan program lain untuk menjalankan jar. Berdasarkan apa yang telah penulis coba, program ini jauh lebih baik daripada SjBoy, karena gambar pada Opera Mini berhasil ditampilkan, dapat pula menjalankan Opera Mini 5 ke atas, serta berbagai file jar lainnya. Selain itu, kita juga dapat mengatur tinggi-lebar layar sesuka hati, tidak seperti SjBoy yang tergantung pada plugin-plugin tertentu.

Program tersebut bernama KEmulator, dapat di-download di sini. Namun, sebelum KEmulator dijalankan, pastikan terlebih dulu bahwa komputer Anda telah terpasang Java Runtime. Bila belum, download di sini.

Memainkan Angry Birds s60v5 dengan resolusi 640x360

Opera Mini 5 full screen yang sengaja dijepret dengan ponsel biar lebih meyakinkan

Untuk mengatur tinggi-lebar layar, jalankanlah terlebih dulu file jar bersangkutan, kemudian klik "View", "Option", ketikkan angka tinggi-lebar yang diinginkan pada kolom yang tersedia, "Ok", "File", dan yang terakhir "Restart". Untuk full screen, gunakan ukuran 1024x700. Mungkin Anda bertanya, mengapa bukan 1024x768 pada umumnya. Alasannya karena Anda harus memberikan sedikit sisa ruang pada layar agar dapat menampilkan menu-menu umum KEmulator yang berada di bagian atas.


2L, Mei 2012
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 3:27 PM

6 comments:

  1. waaaaaa.... asyik neh...!!!

    info dahsyattt !!! meeennn..

    ReplyDelete
  2. tahu nggak gimana cara menampilkan dreamweaver, kalau tahu kasih tahu dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. dreamweaver sbg alat untk membuka tag semacam HTML halaman web

      Delete
    2. Wah, maaf teman. Saya masih kurang pintar di bidang HTML...

      Delete
  3. Maaf, teman. Pertanyaan Anda kurang jelas... Apa yang sedang Anda kerjakan dan juga apa masalahnya? Thx!

    ReplyDelete

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer