Wednesday, May 9, 2012

10 Jenis Status FB yang Menyebalkan

Kita semua tahu, update status adalah hak setiap pengguna Facebook (FB). Namun--tak dapat dipungkiri--ternyata tetap saja ada status-status tertentu yang kerap digolongkan sebagai status menyebalkan. Status seperti apakah itu?

Setelah melalui survey dan diskusi dengan para pengguna FB di berbagai forum dan grup, di sini penulis berhasil mengumpulkan sepuluh jenis status yang kerap dianggap menyebalkan. Keseluruhan hasil yang diperoleh sebenarnya lebih banyak. Namun dengan berbagai pertimbangan, yang ditampilkan cukup hanya sepuluh jenis, yang tentunya merupakan 'sepuluh besar' dari sekian jenis status menyebalkan yang sempat disebutkan. Berikut:

1. Status Keluhan
Ketika seseorang sedang dalam masalah--entah itu masalah serius atau sekadar lebay--sering kali bertubi-tubi melampiaskannya ke status, tanpa sadar entah sudah berapa temannya yang sudah minta ampun dalam hati membaca semua itu. Umumnya status demikian berhubungan dengan masalah keluarga, pergaulan, cinta, dan ditujukan pada orang tertentu.


2. Status Hujatan
Status yang berisi luapan emosi yang tak terlampiaskan secara langsung, menghujat, memaki, mengutuk, dan terus menjelek-jelekkan orang-orang tertentu. Biasanya status demikian ditujukan secara tidak langsung kepada suami/isteri (sekalipun tak terhubung di FB), pacar, teman, guru, bahkan orangtua.

3. Status Kasmaran
Status orang yang sedang kasmaran atau merayu-rayu pasangannya di publik (status FB). Status demikian biasanya berisi kalimat-kalimat sok puitis yang menjijikkan dan lebih cocoknya diletakkan di inbox yang bersangkutan.

4. Status Caper
Status caper atau cari perhatian adalah status yang terus mempromosikan/membanggakan diri sendiri, baik secara fisik yang digambarkan melalui kata-kata ataupun sifat dan pribadi. Status caper bisa pula berupa rangkaian kalimat-kalimat untuk menarik simpati lawan jenis.

5. Status Alay
Status yang ditulis dengan tulisan alay. Contoh; h4r1 1n! Q x'r4P4n 3n4k. 4P4 x'r4p4nmu h4r1 1n!, t3m4n"?

6. Status yang Berulang
Yang dimaksudkan status berulang adalah status yang telah berkali-kali pernah di-update (bahkan juga oleh orang lain), namun masih saja terus di-update. Contoh; capek, ngantuk, bosan, i love you...

7. Status yang Terus Muncul
Jika sebelumnya kita membicarakan isi status yang berulang, yang satu ini isi statusnya tidak berulang, namun si empu benar-benar memiliki 'hobi' puluhan kali update status dalam sehari, dan hampir menutupi seluruh home teman-temannya. Misalkan, pagi-pagi update status, sepuluh menit kemudian update lagi, lima menit kemudian update lagi, satu jam kemudian update lagi, dan seterusnya hingga tengah malam.

8. Status yang Meminta Dukungan
Si empu sedang mengikuti kuis atau apa pun itu yang membutuhkan dukungan 'like', kemudian tag nama-nama temannya seperti berikut; Budi Kustono, Anwar Sudarma, Tika Marissa, Endang Harina, Evan Wandita, dan Rina Farinda, ayo bantu like foto saya di link sekian-sekian. Masih kurang sekitar 20 jempol! Ayo dukung! Ayo dukung!

9. Status yang Mengusik Privasi
Status yang mengusik privasi ialah status yang secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi melibatkan orang tertentu. Kadang bahkan di-tag langsung ke orang tersebut. Contoh; Nurul Halifah, bagaimana kelangsungan hubunganmu dengan si Ricky Sasono?!

10. Status Bijak
Memang status bijak banyak disukai pembaca dan kerap mendapatkan jempol. Namun, yang tidak menyukai status demikian juga cukup berimbang dengan yang suka. Biasanya pihak yang tidak suka kerap menuding si empu sok suci, sok bijak, munafik, pintar bicara, dan lain sebagainya, tak peduli sekalipun si empunya adalah motivator handal.


2L, 2012
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 10:48 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer