Friday, April 8, 2016

Mengenal Slot Hybrid pada Smartphone



Teknologi SIM ganda pada smartphone bukan lagi hal baru di dunia pergawaian. Hampir semua merek memiliki model smartphone yang dibekali fitur SIM ganda, apakah mereka menyebutnya dengan istilah dual, duos, atau senadanya. Tetapi, tak terpungkiri bahwa tidak semua dari kita memiliki kebutuhan tersebut. Beberapa dari kita, pada dasarnya tak pernah menggunakan dua nomor telepon, apakah itu dengan pertimbangan menghemat pengeluaran, atau bisa juga lebih menyukai memasangkan sebuah nomor sekunder pada ponsel atau smartphone lain.
Secara pribadi, penulis yang terbiasa menggunakan smartphone dengan SIM ganda, justru merasa sulit untuk meninggalkan fitur tersebut, atau berpindah pada smartphone lain yang hanya dibekali satu slot kartu SIM. Sedikit banyak disebabkan juga oleh lokasi tinggal penulis yang sulit memeroleh kualitas sinyal memadai, untuk nomor utama yang digunakan berkomunikasi sedari dulu, maka nomor sekunder berprovider lain yang memiliki kualitas sinyal lebih memadai amat diperlukan untuk terkoneksi ke jaringan.
Bagi yang memiliki kesamaan kebutuhan seperti penulis, memiliki smartphone yang mendukung fitur SIM ganda tentu amatlah penting. Dalam hal ini, meskipun banyak pilihan model smartphone dari berbagai merek yang mendukung SIM ganda, perlu dipahami bahwa tidak semuanya memiliki sistem kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tema utama dari pos ini, kita akan membahas slot model hybrid yang belakangan ini hadir di sejumlah model dan merek smartphone. Apakah itu slot model hybrid?
Sederhananya, slot model hybrid ialah slot kartu SIM yang memang memungkinkan kita untuk memasang dua buah kartu SIM sekaligus, tetapi berdampak pada kondisi di mana kita harus mengikhlaskan tidak adanya slot micro SD untuk melakukan ekspansi memori eksternal. Pasalnya, slot model hybrid hanya dibekali slot SIM 1 yang dapat benar-benar aktif dipasangkan kartu SIM, lantas pada slot SIM 2 adalah menumpang pada slot micro SD. Praktis, pengguna  hanya dapat memilih apakah ingin memasang satu kartu SIM dan satu micro SD, atau dua kartu SIM dan tanpa micro SD.
Slot hybrid kelihatannya cukup menimbulkan dilema kepada penggunanya, terlebih bagi kita yang tidak dapat meninggalkan fitur SIM ganda, namun juga membutuhkan ruang memori yang luas untuk menampung berbagai file, seperti video, audio, foto, maupun game dan aplikasi.
Jadi, sebelum memutuskan membeli sebuah smartphone yang diklaim memiliki fitur SIM ganda, cek terlebih dulu, apakah smartphone tersebut sanggup secara nyata menjalankan dua SIM dan satu micro SD secara bersamaan, atau model hybrid seperti yang dijelaskan di atas. Baca juga artikel tentang risiko modifikasi SIM dan micro SD untuk slot hybrid.

Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 1:02 PM

38 comments:

  1. rata2 semua hp baru kaya gitu bahkan samsung galaxy s 7 yang dual sim jg gitu ternyata hybrid.

    ReplyDelete
  2. Awal 2017 ini lagi nyari HP baru...syarat hanya satu... Anti Hybrid... akhirnya si Samsung pelopor Smartphone mengeluarkan 3 jenis series A dan semuanya dilengkapi slot MicroSD.

    ReplyDelete
  3. Gak penting kali lah info yang kau kasih tu min.
    Sebab tidak menjawab isi judul yg kau cantumkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon perhatikan sopan santun dalam berkomentar. Anda boleh tidak mengerti, tapi semoga jangan sampai tidak beretika.

      Delete
    2. Terimakasih infonya Min, sangat membantu.

      Delete
    3. Yah lo itu yg aneh. Postingan judul sama isi nyambung malah bilang gak nyambung.

      Kelihatan AUTIS nya,,

      Delete
    4. Judul sama isi nyambung gitu dibilang gak nyambung. kelihatan banget Bego nya,,

      Delete
  4. thnks min dah paham sekarang. tapi dilema. kedua kartu sim sama sama penting, dan micro sd penting juga buat tambah kapasitas penyimpanan. (melamun) kayanya hrus pake 2 hp meski baka repot haha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ichfand. Mungkin boleh dipertimbangkan beberapa feature phone yang cukup ekonomis sebagai alat komunikasi. :)

      Delete
  5. Min tanya dong, kalo aku udah milih buat slotnya dipasang micro SD, terus apa bisa sewaktu waktu aku ganti buat kartu sim?

    ReplyDelete
  6. emang type² merk handphone hybrith itu apa aja yah min ??!😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mochammad Dicky. Kamu bisa mengecek apakah smartphone yang sedang diincar merupakan model hybrid atau bukan melalui http://www.gsmarena.com. Jika bagian Card Slot tertulis uses SIM 2 slot berarti hybrid. Jika tertulis dedicated slot berarti tidak hybrid dan mampu menjalankan 2 SIM + Micro SD secara bersamaan. Semoga infonya membantu.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. min mau nanya, hape yang bagus buat gaming ram 3gb tahan baterai, dan tidak dual sim hybrid ? tolong bantuannya min :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Bams Looth. Saran saya untuk ponsel dengan RAM 3GB, coba Samsung Galaxy A7 (2016), atau silakan cek ke http://www.gsmarena.com. Namun, sekadar masukan, RAM 3GB bukan segala-galanya. Ram 2GB dari Samsung Galaxy J7 (2016)masih memiliki performa yang lebih baik daripada Samsung Galaxy A7 (2016).

      Delete
  9. Makasih min .. infonya mmbntu skali.

    ReplyDelete
  10. mau tanya hp yg bagus tapi cuma bisa modal 1.5 jt ram nya min 2 gb tapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Maulana, sebenarnya banyak juga ponsel murah yang telah dibekali RAM 2 GB. Namun, definisi bagus itu tentu tidak semata dari spesifikasi tertulis bukan? :) Perlu juga dipertimbangkan dari segi ketahanan dan kestabilan dari perangkat itu. Saran saya, usahakan untuk membeli yang sekitar 2 juta ke atas agar kualitas lebih terjamin. Thx!

      Delete
  11. Oh jadi gitu iya ngerti makasih min infonyaaa hehe. Btw hape oppo a57 juga sim hybrid min, jadi ragu mau belinyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tidak masalah, Firda. Karena A57 dibekali internal lumayan luas, 32 GB.

      Delete
  12. Min, ukuran semua hybrid pada hp sama ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, ukuran apa yang dimaksudkan ya? Ukuran baki atau ukuran SIM? Jika baki, maka itu tergantung dengan desain masing-masing ponsel. Jika SIM, rata-rata type nano SIM. Untuk kapasitas Micro SD, tergantung spesifikasi masing-masing ponsel. Tq.

      Delete
  13. Min...mau tanya apa aja hp yg bisa masuk simcard smartfren 4g...??

    ReplyDelete
  14. Min hp apa aja yg non andromax biar bisa pk smartfren 4g

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Anonymous. Smartfren 4G berjalan di jaringan band 5 dan band 40. Sejauh ini sudah sangat banyak ponsel yang mendukung dua jenis jaringan tersebut, misalkan Samsung Galaxy seri S, Note, A, dan J. Namun, jika masih ditemukan kasus HP yang ternyata tidak bisa menggunakan Smartfren 4G, itu bisa disebabkan oleh daerah setempat belum memiliki jaringan yang sesuai. Misalkan saja ada satu HP yang sebenarnya sudah support band 5, tetapi belum support band 40. Berdasarkan prediksi kasar, HP tersebut semestinya tetap bisa menjalankan Smartfren 4G melalui kemampuan membaca band 5 yang dimiliki. Namun, ternyata daerah setempat hanya mendapatkan jaringan band 40, maka HP tersebut tetap tidak bisa menjalankan Smartfren 4G. Tidak ada yang mutlak.

      Delete
  15. Oalah gt ternyata, jadi tau makasih min

    ReplyDelete
  16. Apa semua merk sama model slot hybrit sim card nya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara pengertian sama. namun, secara desain, posisi, susunan, beda.

      Delete
  17. merk hp yg spesifikasinya bagus harga 2 jt"an kira2 merk apa kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Rara. Mungkin boleh mempertimbangkan Oppo atau Vivo, jika memang kebutuhannya lebih ke spesifikasi. :)

      Delete

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer