Monday, October 22, 2012

Tutorial Photoshop: Mengubah Warna Kulit


Pencahayaan yang memadai menjadi salah satu kunci para fotografer untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus. Sayangnya, tak semua dari kita pintar mengambil foto. Tak semua dari kita memiliki kamera yang berkualitas juga. Di sisi lain, situasi dan lokasi pengambilan foto juga ada kalanya kurang mendukung, sehingga hasil jepretan menjadi sedikit gelap. Akan tetapi, di sinilah letak keunikan dari aktivitas mengedit foto.
Apabila kita mengira foto-foto dari fotografer yang dipamerkan adalah foto yang sudah langsung siap begitu dijepret, maka itu adalah pemahaman yang salah. Ada kalanya foto itu harus diedit terlebih dulu, semisal ditambahkan efek tertentu, menyesuaikan pencahayaan serta ketajamannya, dan lain sebagainya.
Untuk tutorial kali ini, kita akan mengulas cara memperbaiki pencahayaan pada warna kulit. Semisal apabila manusia pada foto tersebut pada dasarnya memang berkulit hitam—atau bisa jadi karena kurangnya cahaya pada lokasi pengambilan foto—maka kita pun akan mengubah warna kulit tersebut menjadi lebih terang, dengan mengandalkan software Photoshop. Mari!
        1. Penulis menggunakan foto seorang artis sebagai bahan dalam artikel ini. Foto tersebut tidak diambil pada studio yang sudah didukung oleh pencahayaan yang memadai, tetapi hanya dipotret sewajarnya oleh seorang fans pada lokasi yang terbuka, tepat di bawah sinar matahari. Praktis, kualitas pencahayaan menjadi kurang seimbang. Buka foto bersangkutan ke dalam Photoshop.


       2. Pilih Eyedropper Tool pada toolbar. Fungsi tool ini adalah mengambil sample warna pada foto yang kita kehendaki. Karena kali ini tugas kita adalah memperbaiki warna kulit, maka penulis akan menggunakan Eyedropper Tool untuk mengambil sample warna kulit. Dalam hal ini, karena terdapat bayangan, lekuk-lekuk tubuh, maka warna kulit ada yang terang dan ada yang gelap. Ambillah pada area yang memiliki warna sedang-sedang—tidak terlalu gelap ataupun terlalu terang. Klik area tersebut dengan Eyedropper Tool. Sample tersebut akan secara otomatis di simpan pada foreground color.




        3. Buka menu “Image”, “Adjustments”, dan “Replace Color”.


      4. Anda akan mendapati sebuah jendela baru berukuran kecil. Sesuaikan angka 100 pada menu “Fuzziness”. Bagian bawah jendela tersebut terdapat lagi menu "Replacement" yang terbagi menjadi “Hue”, “Saturation”, dan “Lighness”. Geserlah angka ketiganya sambil memerhatikan gambar hingga warna pada kulit berubah sesuai dengan yang kita inginkan. Tak ada angka mutlak yang langsung dapat mengubah warna menjadi sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kondisi masing-masing foto berbeda satu sama lain. Pada tutorial ini penulis menggunakan angka: hue +1, saturation +52, dan lighness +32. Bila Anda menggunakan foto lain, tentu angka yang dibutuhkan juga berbeda. Klik “OK” bila telah selesai. Jangan lupa juga untuk save foto tersebut.


Foto selesai diedit! Perhatikan perbedaannya!



Anda tak perlu khawatir segelap atau sehitam apapun warna kulit yang hendak diubah. Dengan fitur “Replace Color” yang kita pelajari di sini, semuanya dapat diatasi. Perhatikan juga hasil editan beberapa foto lainnya.









2L, 2012
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 3:34 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer