Tuesday, July 3, 2012

Cara Membuat Subtitle untuk Video (Part 2): Menyatukan File SRT dan Video

Sebagai kelanjutan dari tutorial sebelumnya—Cara Membuat Subtitle untuk Video (part1): Format Penyusunan File SRT—maka pada part 2 ini kita akan mengulas cara untuk menyatukan file srt dan video—yang sebelumnya masih dalam kondisi terpisah—agar lebih nyaman dipergunakan, serta dapat dipindahkan ke ponsel, PSP, iPod, atau perangkat lainnya (jika mau) tanpa harus bergantung pada file srt yang terpisah.
Persiapkan item yang kita butuhkan terlebih dulu. Penulis masih menggunakan video sebelumnya—video yang di-download dari Youtube dengan alamat  http://www.youtube.com/watch?v=nRbefCGnQ5E—dan file srt yang dapat didownload dari link ini. Tentu Anda boleh menggunakan video serta file srt Anda sendiri jika ada.
Masukkan file srt serta video ke dalam folder yang sama, dengan nama yang sama. Contoh: “Ashita e no Sanka.mp4” dan “Ashita e no Sanka.srt”. Kali ini kita membutuhkan software tambahan, yakni iSkysoft Video Converter. Maaf, di sini penulis tidak menyediakan software tersebut, dengan pertimbangan untuk tidak melakukan pelanggaran hak cipta. Silakan Anda cari sendiri atau langsung mengunjungi situs resminya di sini.
Instal dan jalankan software. Untuk versi yang berbeda, kemungkinan akan ada sedikit tampilan yang berbeda. Klik “Add Video”, dan pilih video yang sebelumnya telah kita persiapkan. Setelah video berhasil ditambahkan ke dalam software, klik “Edit”, kemudian berpindah pada tab “Plug-in Subtitle”. Karena sebelumnya kita telah memasukkan video dan file srt bersangkutan ke dalam satu folder yang sama, maka file srt akan secara otomatis terbaca.


Centang “Enable the plug-in subtitle” untuk menampilkan subtitle. Centang juga “Enable customized style” untuk menentukan posisi subtitle yang dikehendaki. Klik tombol huruf “T”, maka kita dapat bebas memilih jenis, ukuran, serta warna font yang dikehendaki. Bila sudah selesai, klik “OK”.


Kita akan kembali ke layar utama iSkysoft Video Converter. Tentukan jenis file serta lokasi penyimpanan video. Anda juga dapat secara manual mengatur ukuran serta kualitas video (jika perlu) dengan tombol “Settings” yang tersedia. Bila sudah selesai, klik “Start”.




























Mungkin Anda juga tertarik untuk mempelajari Cara Menggabungkan Video.



2L, 2012
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 3:59 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer