Thursday, July 12, 2012

Opera 12 Hadir Menawarkan Kenyamanan Serta Beragam Fitur Baru



Tak dapat dipungkiri, tersedia beragam pilihan browser yang dapat kita pergunakan untuk menjelajahi dunia maya. Tetapi, beda browser tentu beda pula fitur serta kenyamanan yang ditawarkan. Untuk itu—dan bagi penulis secara pribadi—pengguna internet harus secara cermat dalam menentukan browser berkualitas mana yang hendak dipergunakan.
Berbicara soal browser yang berkualitas, baru-baru ini Opera Software telah merilis salah satu produk unggulan mereka, yakni Opera 12 untuk desktop. Dibandingkan dengan versi terdahulunya, dikutip dari detikInet; Opera mengaku telah meningkatkan kecepatan dengan mengoptimalkan kode jaringan SSL dan menggunakan tab loading yang lebih pintar untuk mengakselerasi waktu start-up / shut-down di Opera 12.
Lalu, benarkah kualitas produk tersebut sesuai dengan yang diungkapkan? Untuk hal satu ini, penulis telah menjajalnya. Hmm... Sebagai pengguna perangkat komputer tua yang masih—hanya—mengandalkan prosesor Intel Core 2 Duo, untuk melakukan start-up / shut-down pada software browser tertentu, terkadang dibutuhkan waktu selama satu menit lebih, atau terkadang malah menyebabkan hang, ketika kebetulan terbentur dengan koneksi jaringan internet yang lemah. Tetapi pada Opera 12 ternyata hal tersebut tidak terjadi! Begitu icon Opera diklik, kurang-lebih sepuluh detik software pun berjalan dengan lancar. Hasil berdasarkan uji coba dari komputer dengan prosesor Intel Core 2 Duo. Tentu saja pada komputer dengan prosesor yang lebih baru, akan ada hasil yang lebih memuaskan.

Tampilan Suka-Suka
Dari segi tampilan, tidak lari dari versi terdahulunya, Opera 12 masih tetap mempertahankan tampilan sederhana yang mudah dipergunakan. Meskipun penulis menggunakan kata ‘sederhana’ untuk menggambarkan tampilan Opera, kenyataannya tampilan tersebut tidak sesederhana arti baku dari kata ‘sederhana’. Terdapat berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengutak-atik tampilan pada Opera 12 secara suka-suka. Sebut saja fitur untuk mengubah tema dengan jumlah total 350 tema lebih! Kunjungi http://addons.opera.com/themes/ melalui Opera 12 untuk melihat-lihat tema yang tersedia.



Tak cukup dengan fitur mengubah tema? Pengguna juga bebas memasang foto favorit apa saja pada halaman awal Opera. Misalkan, pengguna ingin memasang foto sendiri, foto kekasih, foto keluarga atau artis idola, Opera memberi kebebasan penuh untuk semua itu. Pengguna tinggal mengeklik icon setting pada halaman awal (sudut kanan atas), kemudian memilih salah satu foto yang dikehendaki.


 
Selain berfungsi untuk menambahkan foto, icon setting pada halaman awal juga berfungsi untuk mengatur ukuran dan susunan speed dial. Satu hal menarik, meskipun speed dial bukan fitur baru dari Opera 12, namun sejauh ini masih Opera-lah yang menjadi satu-satunya browser yang memiliki fitur speed dial yang paling sempurna.




 
Opera juga masih memiliki fitur lain yang memungkinkan pengguna untuk menambah-kurangi serta mengatur ukuran tombol, dan juga tema skema warna. Ketik Shift+F12 pada keyboard untuk membuka menu “Penampilan”.



Beragam Fitur Mutakhir
Fitur-fitur yang menonjolkan keunggulan Opera 12 dari browser lain ialah kemudahan dalam penggantian bahasa pengguna, fitur isyarat mouse, serta beragam fitur tambahan lainnya. Mari segera kita ulas lebih mendalam!
Pada browser lain, sebelum kita menginstalkannya pada perangkat, mungkin kita harus menentukan terlebih dulu file dengan jenis bahasa apa yang hendak kita unduh secara tepat. Sementara pada Opera 12, kita bebas bergonta-ganti bahasa pengguna kapan pun setelah software terinstal, tanpa perlu mengunduh file apa pun lagi. Cukup dengan satu jenis Opera 12 saja, di dalamnya telah tersedia 150 bahasa lebih! Ketik Ctrl+F12 pada keyboard, dan ubahlah opsi bahasa di bagian bawah tab pertama.


Rasakan juga sensasi baru berselancar di dunia maya cukup dengan sedikit gerakan tangan pada mouse. Tahan tombol kanan mouse, dan gerakkan ke kiri, kanan, atas atau bawah, sesuai opsi yang diinginkan.

 
Selain beberapa fitur bawaan yang telah tersedia pada Opera 12, pengguna juga dapat menambahkan lagi beragam fitur tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan, secara gratis!
Beberapa fitur tambahan yang telah penulis jajal, yang pertama, speed dial khusus untuk situs jejaring sosial Facebook (Facebook Preview) yang dapat menampilkan pemberitahuan atau perkembangan terbaru. Dengan mengandalkan fitur ini, bagi pengguna yang ‘hobi’ memantau perkembangan akun Facebook, kini biarlah Opera 12 yang mengambil alih tugas tersebut.


Yang kedua, masih tak jauh berbeda dengan Facebook Preview, Gmail Checker siap membantu kita untuk memantau inbox baru dari Gmail. Uniknya, bila Anda menyertakan URL file audio pada ekstensi ini, Opera 12 akan memberikan isyarat suara setiap ada email baru di inbox.

 
FastestTube, inilah ekstensi yang memberikan fitur yang paling dicari-cari oleh para ‘Youtube mania’! Dengan FastestTube, mengunduh video dari Youtube sungguh menjadi hal yang mudah dan menghemat waktu, tanpa mengandalkan program download manager sekali pun. Tombol download telah tersedia di bagian bawah video, dan pengguna tinggal memilih kualitas video yang diinginkan.


Translator. Dengar dari namanya saja, kita pasti tahu fungsinya, ‘kan? Benar! Ekstensi yang satu ini berfungsi sebagai kamus elektronik yang mampu menerjemahkan puluhan bahasa. Selain menerjemahkan kata atau kalimat yang kita masukkan, ekstensi ini juga mampu menerjemahkan situs-situs yang berbahasa asing.


Silakan kunjungi https://addons.opera.com/extensions/ melalui Opera 12 untuk melihat-lihat ekstensi apa saja yang tersedia agar dapat menambahkan fitur-fitur baru. Sebagian besar ekstensi di sana tergolong sangat ringan dan mudah untuk diunduh. Selain itu, pengguna juga tak perlu terlalu khawatir bahwa dengan terlalu banyak menginstal fitur tambahan, kinerja browser akan menjadi terganggu, karena—masih—dikutip dari detikInet: Plug-ins adalah penyebab utama dari ketidakstabilan browser, jadi Opera coba memberi mereka proses tersendiri. Dengan cara ini, ketika plug-in terjadi crash, diharapkan tidak berpengaruh pada browser Opera.
Buktikan sendiri kenyamanan berselancar di dunia maya dengan browser cerdas kita, Opera 12!


Entri ini berpartisipasi dalam event kerja sama antara:




                                         

***


Lea Willsen, seorang penulis buku-buku komputer/internet.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 12:02 AM

2 comments:

  1. Saya pake Opera karena ada fitur Turbo-nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, wah, ini dia sang juara 1 telah muncul! Selamat datang, Teman! Tadi pagi saya juga telah berkunjung ke blog Anda. Mari saling follow, dgn demikian event Opera ini akan menjadi lebih bermakna. Di sisi lain kt jg dpt saling bertukar cerita. Thx!

      Delete

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer