Saturday, July 21, 2012

Trik Memperkuat Sinyal Modem

Semula saya ingin menjepret modem saya langsung untuk tutorial kali ini. Namun setelah dipikir-pikir--mempertimbangkan kondisi meja komputer yang berantakan (hihihi...!)--lebih nyaman bila saya langsung membuat ilustrasi sederhananya saja, dengan aplikasi ponsel (maklum, sedang malas 'kencan' dengan Photoshop). Oke, coba perhatikan ilustrasi--jelek--berikut:



Benar sekali! Untuk menguatkan sinyal pada modem, kita hanya perlu mencolokkan modem pada sebuah kabel perpanjangan USB (silakan beli di toko komputer bila belum ada)--dengan melewati lubang di tengah sebuah disc--kemudian meletakkannya pada posisi dan arah yang baik. Sangat sederhana!

Mungkin memang sulit dipercaya. Kenyataannya saya sendiri juga tidak begitu percaya, meskipun trik yang hampir sama telah pernah saya baca jauh-jauh hari sebelumnya. Trik yang saya baca itu memerlukan tiga keping disc (dua keping di kiri-kanan lagi), yang kemudian dibungkus dan direkat sana-sini, baru kemudian modem dicolok pada lubang disc yang berada di tengah. Trik itu lumayan merepotkan dan juga membuat bentuk modem menjadi terlihat aneh (serupa satelit di luar angkasa!). Saya iseng coba menyederhanakan trik itu dengan cukup menggunakan satu keping disc (tanpa perlu dibungkus ataupun direkat), dan ternyata cukup memuaskan juga.

Sinyal EVDO yang awalnya hanya satu bar, meningkat menjadi empat bar! Tidak hanya itu, proses download yang awalnya masih membutuhkan waktu satu jam lebih, selesai hanya dalam waktu kurang-lebih lima belas menit! Modal yang dibutuhkan hanya sebuah disc (harga: kurang-lebih dua ribu lima ratus rupiah), dan kabel perpanjangan USB (harga: lima sampai sepuluh ribu rupiah per dua meter). Silakan dicoba. Semoga beruntung!




2L, 2012
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 11:05 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer