Monday, February 29, 2016

Bermula Ide Tombol Dislike, Facebook Menambahkan Fitur Tanggapan Kiriman



Setelah lama kita mendengar kabar akan ditambahkannya tombol dislike oleh Facebook (FB), kemudian kita juga sempat menduga-duga atau berharap cemas untuk mencoba fitur baru tersebut, ternyata wacana penambahan tombol baru (selain like) tersebut telah terealisasi. Namun, kelihatannya FB memutuskan untuk membatalkan penggunaan sebutan dislike untuk fitur baru mereka itu.

Tak mengherankan, mengingat banyak dari kita yang mungkin menduga tombol itu akan sangat bermanfaat untuk memberi pelajaran kepada para pengepos konten menyebalkan, pada intinya tujuan FB sama sekali tidak mengarah ke sana. Seperti yang telah disebutkan pihak FB sebelumnya, bahwa fungsi penambahan tombol itu tak lain ialah hanya untuk menyesuaikan tanggapan untuk sejumlah pos bertema malang, miris, apes, atau hal negatif lainnya, yang semestinya memprihatinkan, dan kurang pantas untuk diberi like.

Seorang ibu meng-update status, “Pagi ini saat berjalan keluar rumah aku disenggol jatuh oleh sebuah motor....” Selang beberapa menit, bermunculanlah dua tiga temannya yang memberi like! Tidakkah ini lucu dan terkesan mensyukuri kejadian nahas itu?!

Oleh sebab itu, kini FB telah menambahkan sejumlah tombol baru (lebih dari satu tombol baru) bagi pos yang mungkin kurang cocok diberi like. Namun, seperti yang dijelaskan di atas tadi, tombol itu juga tidak jadi menggunakan sebutan dislike, melainkan: love; haha; wow; sad; dan angry. Kalau dalam versi bahasa Indonesia, menjadi: super; haha; wow; sedih; dan marah.



Fitur tombol-tombol baru (atau yang juga diperkenalkan dengan nama Tanggapan Kiriman) kelihatannya juga mulai disosialisasikan kepada para pengguna FB yang membuka website tersebut melalui komputer selama beberapa hari terakhir, di mana akan ditampilkan sebuah dialog ketika kita baru memasukinya.



Hanya saja, ketika artikel ini ditulis (29 Februari 2016), kelihatannya fitur tombol baru FB belum benar-benar bekerja sebagaimana mestinya. Pasalnya, berbeda dengan tombol like yang selalu memunculkan pemberitahuan kepada si pengepos (penerima like), tombol-tombol baru FB belum dapat memunculkan pemberitahuan tersebut. Jadi, satu-satunya cara untuk mengetahui ada atau tidaknya kita mendapatkan tanggapan selain like ialah mengunjungi timeline dan mengecek pos bersangkutan secara langsung.



Selain itu, tombol baru juga kelihatannya belum tersedia pada versi FB lainnya, semisal m.facebook.com. Tidak masalah. Secara berkala FB pasti akan memperbaiki fitur tersebut!
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 12:20 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer