Friday, January 27, 2012

Membuat Slideshow Clip dengan Movie Maker

Membuat Slideshow Clip dengan Movie Maker

Oleh: Lea Willsen

BILA zaman dulu kita masih mencetak foto dari negatif pada kertas, trend zaman modern banyak di antara kita yang telah menjepret foto dengan alat digital seperti ponsel, kamera digital, dan lain sebagainya, maka foto yang dihasilkan berupa softcopy (file) yang tak lagi wajib dicetak pada kertas, tetapi lebih menarik dirangkum menjadi sebuah slideshow clip yang dapat bergerak selembar demi selembar secara otomatis diiringi dengan musik atau lagu.

Untuk membuat slideshow clip, ada banyak program yang dapat digunakan. Namun untuk postingan yang satu ini, kita akan menggunakan cara termudah untuk membuat slideshow clip, karena program yang digunakan adalah program bawaan dari Microsoft Windows, tanpa perlu men-download program baru lagi. Kita akan membuatnya dengan Movie Maker.

1. Langkah pertama, buka program Movie Maker melalui menu Start. Penulis menggunakan OS Windows XP. Bila Anda menggunakan OS windows lain, kemungkinan tampilan akan sedikit berbeda.


2. Sediakan foto-foto yang ingin dirangkum menjadi slideshow clip. Format file yang berlaku adalah JPEG. Bila foto Anda bukan format tersebut, ubah dulu dengan cara mengeditnya dengan program pengedit foto seperti Paint, Photoshop, atau apa pun itu yang ada pada komputer Anda, kemudian ketika hendak di-save, pilih type of file: JPEG.


3. Sediakan lagu-lagu yang ingin dijadikan lagu slideshow clip. Format file yang berlaku adalah MP3. Anda dapat menggunakan koleksi MP3 yang Anda miliki, atau men-downloadnya dari internet.

4. Setelah foto dan lagu telah tersedia, seret semuanya ke dalam Movie Maker dengan metode drag & drop menggunakan mouse atau keypad.


5. Seret lagi foto-foto yang telah dimasukkan ke dalam Movie Maker satu per satu sesuai urutan yang diinginkan ke dalam timeline yang terdapat di bagian bawah.


6. Buka menu transisi pada Movie Maker sesuai yang terlihat pada gambar di bawah. Transisi berfungsi untuk memperindah efek bergantinya satu foto menuju foto lain (tidak wajib), seperti terurai, mencair, hancur berkeping-keping, dan lainnya. Perhatikan, setelah Anda membuka menu transisi, ruang yang sebelumnya berisi foto-foto dan lagu kini menjadi berisi berbagai efek transisi. Seret efek transisi yang diinginkan satu per satu ke dalam timeline. Sisipkan selang-seling dengan gambar.


7. Dari menu transisi, kembali pada menu koleksi untuk menampilkan kembali foto dan lagu. Seret lagu tersebut ke dalam timeline. Sama seperti foto, Anda juga dapat memasukkan lebih dari satu lagu pada timeline, jika sekiranya perlu.


8. Bila lagu Anda yang terdapat pada timeline lebih dari satu, Anda dapat membuat efek audio yang tumpang tindih setiap sebuah lagu akan berakhir dan berganti lagu lain (tidak wajib). Efek tumpang tindih yang dimaksud adalah lagu pertama belum berakhir, tetapi samar-samar lagu kedua telah mulai terdengar. Cara yang digunakan adalah dengan menyeret lagu kedua untuk menimpali ‘ekor’ lagu pertama menggunakan mouse. Perhatikan gambar di bawah, lagu pertama bernama “Richie Ren – Wo Hui Lai”, sedangkan yang kedua bernama “OST CURSE OF”. Semula kedua lagu itu berada pada tempatnya masing-masing, penulis menyeret lagu kedua untuk menimpali lagu pertama, kemudian hasilnya nama kedua lagu itu menjadi tumpang tindih.


9. Tahap berikutnya adalah merapikan durasi antara image dan audio agar sesuai. Perhatikan kedua ujung foto dan lagu pada timeline. Jika panjang kedua ujung tersebut tidak sejajar, maka Anda harus menyesuaikannya dengan cara mengubah durasi audio agar sejajar dengan durasi image, atau sebaliknya mengubah durasi image agar sejajar dengan durasi audio. Bila Anda memilih mengubah durasi audio, maka seretlah ujung lagu terakhir hingga sejajar dengan durasi image menggunakan mouse. Bila Anda memilih mengubah durasi image, maka seretlah satu per satu foto tersebut hingga sejajar dengan durasi audio menggunakan mouse.


10. langkah terakhir. Coba lihat hasil slideshow clip menggunakan player yang terdapat di sebelah kanan Movie Maker. Bila telah sesuai dengan hasil yang diinginkan, tekan Ctrl+P, pilih “My computer”, “Next”, beri nama dan tentukan lokasi penyimpanan, “Next” dan “Next” lagi, tunggu proses pembuatan hingga 100%, kemudian klik “Finish”.



2L, 2012




Nb: Apabila efek transisi foto serta tumpang tindih lagu tidak dapat berfungsi dengan baik, hal tersebut dikarenakan komputer Anda sedang menggunakan tema tambahan. Solusinya adalah uninstal tema tambahan, restart komputer agar tema kembali pada tema bawaan dari OS komputer Anda.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 4:22 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer