Thursday, October 7, 2010

Manfaat Bersikap Sopan-Santun


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang perlu dan pentingnya sikap sopan-santun bagi kita semua. Karena, sikap sopan-santun adalah sesuatu yang dapat memberikan kita banyak manfaat serta hal-hal yang bersifat baik. Di antaranya, akan ada enam manfaat yang segera kita bahas.
1.                  Damai
Sopan-santun dapat memberikan kita kehidupan yang damai dan jauh dari permusuhan. Karena dengan selalu bersikap sopan-santun, selain tak menambah musuh baru, secara perlahan kita juga dapat mengubah musuh lama menjadi sahabat baru. Itulah maksud dari sopan-santun dapat memberikan kita kehidupan yang damai dan jauh dari permusuhan.
2.                  Bahagia
Sopan-santun dapat memberikan kehidupan yang bahagia bagi kita dan juga orang-orang di sekitar kita. Karena dengan selalu bersikap sopan-santun baik sedang melakukan suatu tindakan maupun sedang bertutur kata, maka kita dapat menghadirkan suasana bahagia bagi orang-orang yang melihat tindakan-tindakan kita dan juga yang mendengarkan penuturan-penuturan kita. Dan kalau orang-orang di sekitar kita berbahagia, maka tentunya kita juga akan turut berbahagia.
3.                  Dihargai dan Dihormati
Sopan-santun dapat memperkuat rasa hormat kita terhadap orang lain--maupun rasa hormat orang lain terhadap kita. Karena dengan selalu bersikap sopan-santun, maka kita akan menjadi orang yang selalu dihargai dan dihormati oleh orang lain seperti bagaimana biasanya kita menghargai dan menghormati mereka dengan selalu bersikap sopan-santun.
4.                  Suasana Komunikasi yang Baik
Sopan-santun dapat menciptakan suasana komunikasi yang baik, apabila kita sedang berhadapan dengan suatu masalah yang membutuhkan cara penyelesaian melalui musyawarah. Karena dengan selalu bersikap sopan-santun dalam bertutur kata, maka kita tak akan membuat lawan komunikasi kita merasa marah, kesal atau tak senang mendengar penuturan kita. Sebaliknya bila kita bersikap tak sopan dan tak santun dalam bertutur kata, maka lawan komunikasi kita pun akan merasa marah, kesal dan tak senang. Dan akibatnya masalah akan sulit terselesaikan.
5.                  Meluluhkan Kemarahan
Sopan-santun dapat meluluhkan kemarahan. Bila sewaktu-waktu tanpa sengaja kita bersalah kepada orang lain dan hendak memohon agar diberi maaf, maka bersikap sopan-santun dan tulus hatilah untuk memohon maaf. Niscaya, kita pasti akan dimaafkan oleh orang tersebut.
6.                  Memberi Kita Nilai Plus
Yang terakhir. Sikap ibarat cerminan dari watak seseorang. Sopan-santun dapat memberi kita nilai plus di mata orang lain. Karena dengan selalu bersikap sopan-santun kepada siapa pun, maka kita akan dinilai sebagai seseorang yang berbudi dan berwatak baik. Sebaliknya bila kita tak pernah bersikap sopan-santun, maka kita akan dinilai sebagai seseorang yang tak berbudi dan berwatak buruk.
Penutup
Dari keenam manfaat yang telah kita bahas, tentunya kita telah tahu betapa perlu dan pentingnya sikap sopan-santun bagi kita semua. Oleh karena itu, marilah bersama-sama kita berusaha untuk melestarikan sikap sopan-santun! Semoga…
21/11/09
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 9:31 AM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer