Friday, October 8, 2010

Tahi Lalat Anda Bisa Jadi Musuh dalam Selimut

Kata primbon, tahi lalat bisa dibuat sebagai indikator kepribadian seseorang berdasarkan letaknya. Namun, kata medis, tahi lalat justru bisa menjadi ancaman terhadap kesehatan. Bisa saja tahi lalat sudut bibir yang selama ini membuat Anda tampak manis akan mengganas dan meliar, menimbulkan kelainan sejenis kanker yang dinamai melanoma. Melanoma ini tergolong kepada kanker kulit.

Sejatinya, tahi lalat tidak memiliki arti penting bagi kesehatan dan dalam kondisi normal juga tidak membahayakan. Ia timbul karena tumpukan zat pemberi warna melanin. Melanoma sendiri bisa berkembang dari tahi lalat yang sudah ada sejak lahir atau yang baru timbul. Tahi lalat berkembang menjadi melanoma dengan dilatarbelakangi oleh sel yang disebut melanosit. Melanosit ini menghasilkan anak-anak yang abnormal dan mengakibatkan perubahan sifat. Perubahan sifat itu juga dapat kita amati secara fisik pada tahi lalat yang bersangkutan, mulai dari perubahan warna (bervariasi antara kecoklatan, hitam, bahkan biru, putih, atau merah, bisa lebih gelap, pucat, atau terang), perubahan bentuk menjadi tidak beraturan dengan permukaan yang tidak rata dan batas yang tidak tegas, serta perubahan ukuran menjadi lebih besar dalam hal diameter. Ada kalanya, tahi lalat yang telah mengganas itu akan menjadi gatal dan berdarah.

Perubahan abnormal tersebut dipicu oleh banyak hal, bisa sinar ultraviolet maupun agen-agen lain yang berpeluang menimbulkan mutasi. Agen yang dimaksud bisa berasal dari makanan maupun paparan lain seperti obat. Sama seperti penyakit kegananasan lain, genetik atau faktor keturunan juga berkemungkinan mengambil peran dalam menciptakan melanoma.

Tahi lalat yang paling sering mengganas biasanya bermarkas di daerah tungkai bawah, badan, kepala dan leher, tungkai atas, termasuk juga pada kuku. Sebagai catatan, kita sebaiknya berwaspada dan segera mencari pengobatan jika terdapat tanda-tanda pengganasan tahi lalat seperti yang telah disebutkan di atas. Bukan apa-apa tetapi hasil pegobatan sangat bergantung kepada derajat penyakit saat diketemukan.

Untuk penanganan, biasanya melanoma tersebut akan diangkat, tepatnya saat hasil laboratorium telah menunjukkan adalah benar tahi lalat telah mengganas. Ada kalanya, jaringan di sekitar melanoma, termasuk juga kelenjar getah bening harus diangkat pula jika sel kanker sudah menyebar.

Hal paling menakutkan dari melanoma adalah penyebarannya yang cepat, yaitu melalui peredaran darah. Akibatnya, sel-sel ganas akan singgah dan berkembang di organ-organ vital. Sebagai lanjutan tentu saja kematian berpeluang besar untuk terjadi.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah melanoma. Cara yang paling mudah adalah menghindarkan diri dari sengatan matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Jika tidak mungkin, proteksilah dengan sunsreen atau sunblock. Sebisa mungkin, hindari pula iritasi-iritasi pada tahi lalat.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 10:56 AM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer