Monday, August 27, 2012

Cara Menggabungkan Video


Sebelumnya kita telah pernah membahas cara membuat dan menggabungkan subtitle pada video (part 1 dan part 2). Pada tutorial kali ini, kita akan membahas cara untuk menggabungkan dua atau beberapa video menjadi satu. Misalkan video pertama berdurasi 3 menit, dan video kedua 4 menit, maka kita akan coba menggabungkannya menjadi sebuah video baru dengan durasi 7 menit. Bila Anda sering men-download video film yang panjang-panjang atau konser, sudah tentu sering menjumpai video yang terpotong-potong menjadi beberapa bagian, ‘kan?! Nah, di sinilah bergunanya kita menggabungkan video-video itu menjadi satu, agar lebih nyaman ditonton.
  • Siapkan dua atau lebih video yang ingin Anda gabungkan.
  • Download dan instal program Aiseesoft Total Video Converter 2.3.3 (Art Dimension tidak menyediakan link untuk download software bajakan). Dalam hal ini, penulis menganggap Anda telah mengetahui cara untuk menginstalnya, sehingga tak perlu lagi diuraikan panjang lebar di sini.
  • Jalankan program, kemudian panggil video-video yang akan Anda gabungkan ke dalam program, dengan tombol “Add Video”.


 
  • Baca dan terapkan secara teliti step ini. Tahan tombol Ctrl pada keyboard, kemudian blok video satu per satu sesuai urutan yang diinginkan menggunakan mouse. Penulis tekankan sekali lagi, Anda harus blok video satu per satu sesuai urutan yang diinginkan, agar hasil akhir nanti urutan video tidak terbalik. Contoh, di sini penulis hendak menggabungkan video dengan judul “Brave” dan “Gunjou no Tani” menjadi satu. Karena penulis ingin menempatkan “Brave” di awal dan “Gunjou no Tani” di belakang, maka urutannya adalah blok terlebih dulu “Brave” baru kemudian “Gunjou no Tani”. Klik kanan pada video, kemudian klik “Merge”.


 
  • Setelah mengaktifkan menu “Merge”, Anda akan mendapati daftar proyek video baru. Secara default nama proyek video ini adalah “Merge”. Tetapi Anda dapat mengganti nama itu sekarang, ataupun setelah selesai nanti. Selain itu, melalui daftar proyek video baru ini jugalah—dengan mengandalkan tombol “Effect”, “Trim”, dan “Crop”—Anda dapat mengedit atau memotong durasi dari masing-masing video yang tergabung di dalamnya. Contoh, di sini penulis ingin mengedit video “Brave” menjadi hitam-putih, maka penulis pun mengebloknya, mengeklik tombol “Effect”, kemudian menurunkan angka “Saturation” hingga -100. Klik “OK”.




 
  • Jika perlu, sesuaikan jenis file yang diinginkan, serta lokasi penyimpanannya, dan juga settings. Klik “Convert”.


 
  • Centang “Open output folder when conversion completed” dan tunggulah prosesnya hingga selesai.


2L, 2012
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 2:36 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer