Tuesday, August 21, 2012

Portable KBBI Offline 1.3

Bagi Anda yang suka membaca—apalagi menulis—sudah semestinya memiliki sebuah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Namun, di sini kita tidak sedang membicarakan sebuah buku tebal yang berat. KBBI yang satu ini merupakan sebuah program portable, yang begitu di-download dan ekstrak dari zip sudah bisa langsung dipakai (tanpa instal).
Portable KBBI Offline sebelumnya juga telah pernah ada dalam versi 1.1—bisa dibaca di sini—dan untuk yang kali ini adalah versi kelanjutannya, yakni versi 1.3. Meskipun peningkatan dari segi versi terlihat hanya sedikit—dari versi 1.1 menjadi 1.3—namun dari segi fitur program ini sudah mengalami banyak peningkatan dibanding versi terdahulunya.


Apa saja perubahan versi ini dibanding versi sebelumnya? Berikut selengkapanya:

  • Auto search. Sekarang kita tidak perlu menekan tombol cari atau enter, ketika menuliskan kata yang akan dicari, karena program ini akan otomatis melakukan pencarian, kecuali jika hanya 1 huruf hasilnya juga akan huruf tersebut.
  • Pencarian berdasar kriteria: sama, diawali, diakhiri, dan memuat. Silakan dipilih kriteria pencarian yang diinginkan.
  • Informasi jumlah hasil pencarian.
  • Perbaikan beberapa kata dasar dan definisi yang ada tambahan angka.
  • Berbaikan pemilihan kata yang sebelumnya bisa memilih banyak.
  • Perbaikan beberapa kesalahan pewarnaan definisi.
  • KBBI Offline akan otomatis menyimpan ukuran dan posisi tampilan/window.
  • Proses pencarian lebih cepat dari sebelumnya.
  • Menampilkan hasil dalam sistem paging, sehingga pencarian yang hasilnya banyak akan lebih cepat.

Download di sini. Ada 3 buah file, kbbi.exe, data.dat”, dan kbbi_config.ini. Untuk menggunakannya, jalankan file kbbi.exe. Untuk membatasi hasil yang tampil, KBBI Offline 1.3 kini menambahkan fitur paging—seperti yang tertulis di atas—yaitu yang ditampilkan dibagi-bagi menjadi beberapa halaman. Pengaturan bawaan, jumlah paging adalah 300. Jika ingin mengubahnya, silakan edit file kbbi_config.ini dengan Notepad dan ganti nilai Paging=300 dengan isian yang kita inginkan, misalnya Paging=500 untuk menampilkan per 500 kata.


Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 11:40 AM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer