Saturday, September 18, 2010

Antologi Puisi Simfoni Imaji

 

Simfoni Imaji
Oleh: Liven R, Roveny, Lea Willsen, Rita Nauli, Dewi, Suwanto


ISBN : 9786028543569
Rilis : 2010
Halaman : 86p
Penerbit: Bisnis2030
Bahasa : Indonesia
Rp.30.250


--------------------------

"Keberadaan kisah manusia, adalah rentang prosa dalam kehidupannya. Dan, merangkai kebenaran dari rahasia di dalam kisahnya, merupakan torehan balada dalam syair manusiawi."

Leonowens SP
Esais & Sastrawan



Endorse:

SUMATERA UTARA semestinya bangga dan bahagia menyaksikan kelahiran buku antologi puisi “Simfoni Imaji”, sebuah hasil kerja keras dan kolaborasi enam penulisnya: Liven R, Roveny, Lea Willsen, Rita Nauli, Dewi dan Suwanto.
Keberanian mereka dalam mengekspresikan ungkapan hati berpadu imajinasi, sehingga terabadikan dalam sebuah buku, selayaknya kita acungi jempol! Semoga penulis lain di Sumatera Utara terlecut untuk mengikuti jejak langkah mereka. Maju terus, sukses selalu!

Kwa Tjen Siung
Redaktur Rubrik Taman Remaja & Pelajar.
Harian ANALISA-Medan









SALUT kepada enam penulis Tionghoa! Salut, karena mereka yang selama ini lebih akrab dengan kalkulator, dunia ekonomi, ternyata masih ada yang berimajinasi dalam memaknai kehidupan. Sama halnya dengan jurnalis Tionghoa, meskipun langka, tapi tetap saja dapat ditemui.
Enam penyair dalam antologi puisi ini, umumnya bercerita tentang elegi kehidupan. Hidup yang lara dalam pergolakan batin mereka, direpresentasikan lewat kata yang miris, keterbatasan daya meng-hadapi kenyataan hidup yang suram, mencekam. Elegi kehidupan dari puisi Liven R, Roveny, Lea Willsen, Rita Nauli, Dewi dan Suwanto, merupakan satu sisi kepedihan dan keprihatinan hidup yang dialami dan diungkapkan melalui kekuatan imaji. Keanekaragaman kisah (mungkin) berdasarkan pengalaman pribadi melalui proses sebuah pencarian tentang fiksi di satu pihak dan fakta di pihak lain.
Metafor-metafor bahasa yang digunakan penyair setidaknya telah mengalami proses pertimbangan, yang tidak sekadar hadir sebagai wilayah rekaan, akan tetapi ia terasa juga (seakan-akan) merupakan ungkapan pengalaman pribadi, yang dialami berdasar pada realitas kehidupan sehari-hari.

Anthony Limtan
Redaktur Cerpen & Puisi
Harian ANALISA-Medan

MEMBACA puisi Liven R, Roveny, Lea Willsen, Rita Nauli, Dewi, dan Suwanto, kita merasa terbawa oleh perasaan yang mengharu-biru dari kisah perjalanan hidup manusia. Hidup bisa jadi sangat nestapa manakala dihadapkan pada kegagalan.
Pada dunia penyair, ditemui kebenaran hakiki tentang makna perjuangan dan pengabdian. Penyair aktif membangun kepekaan peradaban. Karena itu, lingkungan kehidupan manusia dan benda-benda, oleh penyair tidak hanya dijadikan sebagai objek penderita yang bersinggungan dengan dunia realitas, tetapi juga kontribusinya serta gerakan partisipatifnya terhadap alam dan makhluk hidup lainnya.
Memasuki wilayah tak terhingga dalam dunia metafora kata-kata, bahasa puisi mereka bisa jadi hanya suatu rekaan kejadian, namun terasa sangat nyata dan bisa dialami oleh siapa saja dalam semesta kehidupan ini. Hidup yang selalu bergerak dan tak pernah statis, dunia empirik yang padanya ditemui berbagai pengalaman batin.


Afrion
Sastrawan Sumatera Utara




Dunia imajinasi begitu penuh warna yang sering kali tak terlukiskan dengan kata, namun terekam oleh benak, diabadikan dalam kenangan. Masing-masing seniman menempuh caranya sendiri: lukisan, lagu, patung, film, buku, puisi. Sayangnya, di zaman canggih di mana teknologi menjadi world idol – bagi sebagian bahkan – secara literal, makin banyak orang lupa bahwa setiap langkah kemajuan zaman berawal dari imajinasi, keberanian bermimpi, memikul emosi, dan ketekunan berkarya. Imajinasi dan emosi adalah dua hal yang membedakan makhluk hidup dengan benda mati. Imajinasi adalah anugerah. Imajinasi adalah senyum Sang Pencipta Agung ketika Dia menepuk bahu Anda dan berkata, "Mari kita pikirkan sesuatu!"

Meiliana K. Tansri
Novelis, Jambi







http://www.bookoopedia.com/daftar-buku/pid-31707/simfoni-imaji.html
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 7:37 AM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer