Friday, December 31, 2010

Cara Mengubah Folder Icon Sesuai Gambar yang Anda Pilih

Oleh: Lea Willsen
Pernahkah Anda merasa bosan dengan warna atau folder icon pada komputer Anda yang hanya itu-itu saja? Pernahkah Anda memiliki keinginan untuk mengubah icon tersebut?
Tentu kita pernah melihat folder icon pada komputer-komputer tertentu yang bentuknya telah berubah, dikarenakan komputer tersebut telah diinstalkan tema-tema tertentu. Tetapi bagaimana bila folder icon yang kita inginkan adalah wajah kita, atau wajah kekasih kita? Mungkinkah?
Bukanlah mustahil untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dengan sedikit kreasi, tentu hal tersebut dapat terwujud, bahkan kita tak perlu repot-repot menginstal dan mengganti tema.
Berikut caranya:
1. Tentukan folder yang hendak Anda ubah icon-nya.
2. Pilih foto yang hendak Anda jadikan icon.
3. Ubah jenis foto tersebut menjadi jenis *bmp. Anda dapat mengubahnya dengan segala jenis program pengedit foto, seperti Photoshop, ACDSee, bahkan Paint yang paling sederhana dan telah tersedia pada komputer mana pun. Anda cukup mengedit foto tersebut dengan salah satu program di atas, kemudian Save As, dan pilih *bmp sebagai jenis file tersebut. Perhatikan lingkaran merah yang terdapat pada gambar berikut:
4. Langkah berikutnya klik kanan pada folder yang telah Anda tentukan pada langkah pertama tadi.
5. Pilih Properties, geser tab pada bagian Customize, dan klik Change Icon. Perhatikan dua lingkaran merah yang terdapat pada gambar berikut:
           6. Setelah Change Icon di-klik, jendela baru akan terbuka. Klik Browse, ubah File of type dari Icon Files menjadi All Files, cari di mana lokasi tadi Anda menyimpan foto yang telah Anda ubah jenisnya menjadi *bmp, kemudian open foto tersebut. Perhatikan lingkaran merah yang terdapat pada dua gambar berikut:




 

7. Langkah terakhir, klik OK, Apply, dan OK lagi. Perhatikan hasilnya pada gambar berikut:
Sekilas folder yang icon-nya telah diubah terlihat seperti file, namun sebenarnya adalah folder. Perlu diingat, agar hasil kerja Anda tidak hilang, Anda tidak boleh mengubah lokasi foto jenis *bmp yang telah Anda gunakan, atau pun menghapus foto tersebut. Kecilkan resolusi foto jenis *bmp yang Anda pilih, kemudian ulangi langkah 4 sampai 7 bila gagal. Selamat mencoba!
*Akhir Agustus 2010

Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 11:19 AM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer