Sunday, December 13, 2015

Cara Mengecek Suhu Komputer





Berapa celsiuskah standar suhu dari sebuah komputer/laptop yang dianjurkan? Pertanyaan ini terkadang membuat beberapa pengguna komputer merasa khawatir, atau sekadar penasaran. Namun, tak terpungkiri bahwa memahami standar suhu dari sebuah komputer/laptop adalah penting, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, semisal rusaknya processor yang sudah pasti menelan biaya mahal bila kita harus mengganti satu yang baru, maupun sparepart lain yang tak kalah penting.

Untuk itu, seorang pengguna komputer yang baik tentu tidak hanya sekadar tahu cara mengoperasikannya, tetapi juga tahu cara merawatnya, kalaupun bukan berarti setiap dari kita harus memahami cara bongkar-pasang casing. Minimal memahami cara memantau suhu dari komputer bersangkutan, dan tahu standar yang dianjurkan.

Masing-masing komputer memiliki standar suhu yang berbeda, dan umumnya kita berfokus pada ketahanan processor. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat maksimum suhu yang dianggap aman bagi processor oleh pihak pengembang melalui website ark.intel.com. Sortir berdasarkan model processor bersangkutan.

Dengan mengetahui standar suhu komputer, berikutnya installah Open Hardware Monitor dari website http://www.openhardwaremonitor.org. Software tersebut berfungsi menginformasikan kepada kita sudah seberapa tinggikah suhu komputer kita. Dengan mengetahui kondisi suhu komputer secara realtime, maka kita dapat mengambil langkah terbaik untuk mencegah meningkatnya suhu komputer. Misalkan mengistirahatkannya, mengurangi aktivitas yang menjalankan software berat (game dengan grafis 3D), atau menambahkan kipas.



Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 2:23 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer