Sunday, December 13, 2015

Menjaga Keawetan CD/DVD ROM dengan CDDTool



Tak menutup kemungkinan, beberapa dari kita mengalami masalah tombol eject dari tray atau baki CD/DVD ROM yang tidak berfungsi, sehingga tray menjadi sulit dikeluarkan maupun dimasukkan. Rasanya pasti panik, atau kesal. Namun, Anda boleh mencoba solusi dengan mengandalkan sebuah software untuk menggantikan fungsi tombol eject yang rusak.

Adalah CD Drive Tool atau CDDTool, sebuah freeware yang memungkinkan kita untuk mengendalikan tray cukup dengan beberapa kali klik. Untuk memilikinya, silakan men-download-nya langsung dari website resmi www.ingmar.dk/software.asp. Jangan kaget ketika mengunjungi website tersebut ternyata pengembang ‘hanyalah seorang biasa’. Bagaimanapun, software ini cukup powerfull dan bekerja sebagaimana mestinya!

Kalaupun Anda bukan seorang yang memiliki masalah dengan tombol tray, software gratis ini tetap bermanfaat menjaga keawetan CD/DVD ROM. Setelah instalasi, maka sebuah icon berupa huruf dari CD/DVD ROM Anda akan muncul di taskbar komputer—sudut kanan bawah monitor. Dan untuk memfungsikan CD Drive Tool, Anda cukup klik kanan pada icon, dan pilihlah Open CD Tray atau Close CD Tray. Khusus pengguna Windows di atas XP, diharapkan pelajari cara instalasi khusus yang akan dijelaskan pada paragraf terakhir nanti.




Apabila icon tidak muncul setelah proses instalasi, jalankanlah software CD Drive Tool langsung melalui foldernya yang tersimpan pada partisi C atau partisi mana pun itu Windows terinstal. Contoh: C:\Program Files\CD Drive Tool. Dan untuk kinerja yang lebih baik, kita bisa menambahkan software pada start up, yang berarti begitu komputer melakukan booting, software sudah siaga secara otomatis. Caranya, klik kanan pada icon huruf yang ada pada taskbar, pilih Restore, lalu centang Run CD Drive Tool at Start Up.



Fitur run at start up mungkin tak berfungsi di semua versi Windows, mengingat pada dasarnya software ini dibangun dan disesuaikan untuk XP. Kendati demikian, untuk fitur open/close tray, semua versi Windows di atas XP dapat memanfaatkannya. Anda cukup mengandalkan mode Compatibility untuk menginstalnya. Klik kanan pada file exe yang di-download, pilih Properties, pilih tab Compatibility, centang Run this program in compatibility mode for, dan pilih Windows XP (Service Pack 3), Apply untuk mengakhirinya. Dengan aktifnya mode compatibility, sekarang kita bisa menginstal file exe tersebut seperti biasa.



Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 2:36 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer