Thursday, December 24, 2015

Menambahkan Bluetooth pada PC



Teknologi bluetooth bukan lagi menjadi hal baru, dan dewasa ini semua type laptop keluaran baru juga telah menyediakan fitur transfer data secara nirkabel, apakah itu dengan smartphone, ataupun kamera digital serta sejumlah gadget lainnya yang juga dibenamkan hardware bluetooth. Namun, satu hal yang umum, bluetooth tidak tersedia pada komputer PC rakitan. Tetapi, untuk mengatasi kekurangan tersebut, kita dapat menambahkan hardware bluetooth sendiri pada PC, dalam bentuk mini yang biasa disebut dongle, dan cukup dipasangkan pada USB port. Selain untuk PC, bluetooth dongle juga dapat difungsikan pada sejumlah laptop type lama yang belum dibenamkan fitur bluetooth.

Bluetooth dongle—atau yang juga disebut bluetooth portable—juga memiliki banyak variasi bentuk, kualitas, type, dan harga. Umumnya, harga berkisar antara 20-an ribu hingga 200-an ribu. Dan pada postingan kali ini, kita akan membahas seputar cara pemasangan serta penggunaan bluetooth tambahan pada PC rakitan. Mengenai jenis bluetooth yang digunakan, penulis hanya menggunakan type yang standar. Kendatipun demikian, sejauh ini bluetooth ini tak pernah memiliki kekurangan, walau sudah lima tahun lebih usianya. Ya, bisa dibilang bluetooth dongle satu ini cukup tahan lama dengan harga relatif murah. Namun, tentang ketahanan benda ini tentu tidaklah mutlak sesuai yang dijelaskan di sini. Berikut bentuknya:



Pertama, pasangkan bluetooth pada USB port PC. Bluetooth ini akan secara automatis terbaca sebagai hardware baru, tanpa perlu penambahan driver baik melalui media CD atau DVD. Setelah bluetooth selesai melakukan instalasi automatis, kita akan mencoba mengirimkan file dari PC ke perangkat lain terlebih dulu. Aktifkan bluetooth dari perangkat lain. Penulis menggunakan smartphone BlackBerry sebagai contoh.

Setelah bluetooth perangkat lain aktif, klik kanan pada file di PC yang ingin dikirim, pilih Send to, dan Bluetooth device.



Sebuah jendela kecil akan terbuka, menampilkan perangkat buetooth lain yang berhasil terdeteksi. Pilih bluetooth dari perangkat lain yang telah diaktifkan (smartphone BlackBerry), lalu Next.



Masih pada layar PC, masukkan nomor unik sesuka hati pada kolom yang ada jika diminta, lalu Next lagi.



Selanjutnya, perangkat lain yang akan menerima file juga akan meminta Anda memasukkan nomor unik. Masukkanlah nomor yang sama dengan yang dimasukkan pada PC. Bersamaan dengan pemberitahuan bahwa proses menghubungkan kedua perangkat telah berhasil, file akan secara automatis terkirim dan cukup klik terima pada perangkat lain.




Memasukkan nomor unik hanya dilakukan sekali saja ketika perangkat lain baru pertama hendak dihubungkan. Untuk selanjutnya, Anda cukup mengaktifkan bluetooth, lalu klik kanan pada file dan pilih menu Send to > bluetooth device, pilih perangkat yang terdeteksi, lalu terima.

Sementara untuk menerima file yang dikirim dari perangkat lain, klik kanan icon bluetooth pada taskbar komputer PC yang ada pada sudut kanan bawah layar, lalu pilih Receive a File. Sebuah jendela akan terbuka. Langsung saja kirim file dari perangkat lain, maka PC akan secara automatis menerimanya.





Selain untuk transfer file, bluetooth dongle juga dapat digunakan untuk menghubungkan smartphone sebagai modem secara nirkabel, dan sejumlah fungsi-fungsi lainnya yang berhubungan dengan fitur bluetooth.

2L, 2015
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 9:03 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer