Sunday, November 17, 2013

Merubah atau mengubah?

Merubah atau mengubah? Mana yang benar? Sering, kita menjumpai orang-orang 'salah memilih' kata yang benar antara kedua kata ini. Kedua kata ini memang telah sering dijumpai. Tetapi, ironisnya lebih banyak di antara kita yang salah memilih.

Sangat sederhana sebenarnya. Untuk menentukan mana yang benar antara merubah dan mengubah, kita cukup mencermati kata dasarnya, yaitu "ubah", dan bukan "rubah". Perlu digarisbawahi, "rubah" itu adalah binatang ya...!

Ketentuan dari memfungsikan imbuhan "me" yang dipasangkan dengan kata yang diawali huruf "u" ialah menjadi "meng", yang berarti "me" tambah "ubah" menjadi "mengubah". Jika yang dimaksudkan adalah "merubah" berarti adalah "me" tambah "rubah". Ini jelas salah! Bagaimana merubah? Menjadi rubah?! Hmm...!

Sebelum penulis, jelas tema tulisan sejenis juga telah pernah dibahas oleh orang lain. Tetapi, apa yang terjadi? Penyakit kita yang tak dapat membedakan kata "merubah" dan "mengubah" kerap masih dijumpai. Hal ini seolah mendarah-daging sedari dulu. Lebih banyak dan lebih sering masyarakat kita memilih menggunakan "merubah" daripada "mengubah", sehingga yang lebih sering dianggap benar justru adalah apa yang salah.

Lebih memprihatinkan lagi, yang menggunakan kata "merubah" ternyata bukan hanya masyarakat non penulis, tetapi dari kalangan yang berstatus penulis, sastrawan 'senior', dan bahkan redaktur!

Kadang penulis prihatin dengan semua ini, bukan hanya soal "merubah" dan "mengubah", tetapi masih banyak kesalahan-kesalahan yang lain. Saat mengamati koran, dan lain-lain, terkadang kesalahan itu justru ditemukan pada bagian judul yang semestinya menjadi bagian paling penting dari sebuah tulisan.

Kita akan kembali membahas kesalahan lain di lain waktu.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 6:41 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer