Sunday, June 17, 2012

Selamat Datang, Youtube Indonesia!



Pengguna internet mana yang tidak mengenal Youtube? Situs tersebut telah lama hadir dan menghibur kita semua, dengan milyaran video dari seluruh dunia yang dapat ditonton secara gratis. Bahkan, anak berusia 5 tahun pun mengenal Youtube! Ah, masak?! Ya, fakta itu terdapat pada keponakan penulis sendiri, yang baru duduk di bangku TK, tetapi telah cukup akrab dengan nama besar Youtube.

Tetapi, tak dapat dipungkiri, di mana cahaya berada, di sana juga bayangan berada. Nama besar Youtube tidak pernah luput dari pro-kontra. Terlebih di Indonesia, Youtube sering dituding sebagai situs yang kerap merugikan musisi, menyediakan konten porno (padahal tidak juga), dan bahkan beberapa tahun silam sempat diblokir.

Dengan mengesampingkan topik pro-kontra, Kamis 14 Juni 2012, ternyata pihak perusahaan raksasa, Google telah meresmikan situs Youtube Indonesia, pada URL www.youtube.co.id (sementara hanya tersedia untuk tampilan desktop) yang dapat ditandai dengan ditambahkannya obyek wayang serta monas pada logo baru Youtube khusus Indonesia. Selain dihadiri secara langsung oleh Direktur Produk Manajemen Youtube Asia Pasifik, Adam Smith di Faigrounds, Jakarta, peresmian Youtube Indonesia juga cukup banyak memeroleh dukungan dari para musisi Korea--sebut saja SHINee, 2NE1, Wonder Girls, Infinite, Miss A sampai Jang Geun Suk--yang kini tengah merajai jagad hiburan.

Lalu, apa sebenarnya kelebihan Youtube Indonesia dengan Youtube sebelumnya? Tentu saja tidak sekadar perbedaan logo, 'kan? Hmm..., menarik!

Ujar Adam Smith, 70% pemirsa Youtube sendiri berasal dari Amerika Serikat serta Asia, dan Indonesia salah satu negara penyumbang visitor terbesar. Tambahnya, "Dari sekian miliar video yang ada di Youtube, kami ingin agar video dari Indonesia bisa dengan mudah dicari secara cepat, tidak perlu tercampur-campur dengan pencarian video dari negara lain."

Selain kelebihan yang dipaparkan Adam Smith--video Indonesia dapat lebih mudah dicari, tanpa harus bercampur aduk dengan video luar negeri--kelebihan lain adalah kini Youtube Indonesia telah bekerja sama dengan WAMI (Wahana Musik Indonesia), sehingga untuk konten-konten yang diakses oleh visitor, pihak Youtube akan membayar ke WAMI, untuk kemudian disalurkan ke musisi bersangkutan.

Selama ini musisi memang hanya dapat gigit jari menanggapi karya-karya mereka yang diupload tanpa seizin. Tetapi, kehadiran Youtube Indonesia adalah mutlak menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir hal tersebut. Jadi, mari sambut Youtube Indonesia!



2L
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 6:05 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer