Thursday, March 30, 2017

Menambahkan Fitur Screen Flash pada Smartphone



Sejak diperkenalkannya fitur screen flash pada sejumlah merek dan tipe smartphone, semakin sering kita melihat atau mendengar publik membicarakannya. Pun salah satu yang paling menonjol ialah smartphone Galaxy J5 Prime dari vendor asal Korea Selatan, Samsung. Kendatipun demikian, segelintir dari publik, kelihatannya masih belum benar-benar memahami cara kerja dari fitur tersebut, bahkan yang telah memiliki smartphone tersebut sekalipun. Publik mungkin lebih terfokus pada promosi yang sibuk menggembar-gemborkan manfaat screen flash dalam meningkatkan kualitas foto selfie—atau kualitas kamera depan. Lebih terang, lebih jelas, itu sudah pasti untuk setiap fitur kamera yang memiliki kata “flash”. Hanya saja, ada saatnya screen flash malah disalahartikan sebagai adanya lampu flash pada bagian depan smartphone. Dicek sana sini, lampu itu tidak mau menyala juga. Malahan, setiap kali ketika melakukan selfie, layar smartphone menjadi blank atau putih polos sekian detik! Apakah smartphone bersangkutan rusak? Apakah flash tidak berfungsi?!

Jawabannya jelas smartphone bersangkutan baik-baik saja, dan tidak ada kerusakan hardware maupun software. Pada dasarnya, screen flash tidak mengandung arti bahwa smarphone bersangkutan dibekali lampu flash di bagian depan, tetapi justru smartphone tersebut mengalihfungsikan layar sebagai pengganti lampu flash sungguhan. Hal ini sekaligus menjadi jawaban, mengapa setiap ketika melakukan selfie, layar akan menjadi blank. Apa yang  terjadi ialah layar memang dengan sengaja menampilkan warna putih polos, kemudian pencahayaan ditingkatkan pada level tertinggi, sehingga wajah kita yang berhadapan dengan layar pun memperoleh pencahayaan tambahan, tertangkap lebih jelas oleh lensa kamera.

Meskipun secara default fitur screen flash yang masih tergolong baru ini hanya tersedia pada smartphone tertentu, dengan sedikit usaha, kita tetap bisa menikmatinya pada setiap jenis smartphone Android. Caranya sederhana. Anda cukup menginstal aplikasi Flash Selfie pada smartphone Anda, melalui Play Store. Dan ketika Anda menggunakan apilikasi untuk memotret wajah, layar akan secara otomatis memancarkan cahaya yang terang.



Dibanding aplikasi selfie lainnya, Flash Selfie tergolong sangat ringan, hanya di bawah 2 MB. Meskipun demikian, terdapat pula sejumlah menu yang memungkinkan kita untuk menentukan warna dari cahaya layar yang hendak dipancarkan.


Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 8:35 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer