Monday, September 19, 2016

Real Racing 3: Ini Balapan ‘Nyata’



Tak terpungkiri, OS Android menawarkan beragam game menarik, dan salah satu genre yang cukup banyak diminati—khususnya bagi kaum adam—ialah game balapan. Melalui Google Play, terdapat beragam game balap yang dapat diunduh, baik yang gratis maupun berbayar. Tetapi, tentu tidak semua game balap memiliki kualitas permainan yang menjanjikan. Beberapa game balap mungkin memiliki kualitas grafis yang cukup baik, tetapi lemah pada logika dan metode pengoperasian yang diterapkan. Ada juga yang justru lebih parah, di mana grafis yang baik hanya menjadi bagian sampul promosi, namun—ketika memainkannya—ternyata grafis asli yang ditawarkan jauh dari harapan. Melalui postingan kali ini, Art Dimension akan memberikan review salah sebuah game balap yang memiliki grafis memukau, kaya akan fitur, sekaligus menawarkan logika serta metode pengoperasian yang mungkin akan membuat para pencinta game balap menyesal jika tidak mencobanya sendiri! Benar, game tersebut ialah “Real Racing 3”!



Sebagai game yang dikembangkan oleh pengembang terkemuka, EA atau yang juga dikenal kepanjangannya sebagai Electronic Art, “Real Racing 3” adalah sebuah game yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play. Kalaupun ada yang ditawarkan pengembang dengan biaya tertentu, ialah RS (sebutan untuk mata uang yang digunakan) dan Gold. Namun ini bukan sebuah keharusan. Faktanya baik RS maupun Gold juga dapat dikumpulkan dengan metode lain yang tidak membutuhkan biaya apa pun, misalkan dengan memenangkan balapan, atau menjawab tantangan tertentu, serta menyaksikan iklan. Ketika Anda berpikir permainan akan menjadi sulit bila kita pelit mengeluarkan biaya untuk membeli RS dan Gold, itu tidak benar. EA tetap lebih mengedepankan sportivitas, dan Anda dapat menikmati “Real Racing 3” selama Anda memang seorang yang jago balap dalam permainan itu. Adanya dukungan online serta fitur sinkronisasi terhadap akun Facebook maupun Google+, sesama pemain juga dapat saling bertanding di sebuah lintasan, membagikan capture, maupun membandingkan prestasi dengan pemain lain yang berasal dari berbagai pelosok dunia, ataupun sekadar sesama teman yang terhubung pada akun-akun jejaring sosial.



Apa yang menjadi misi dalam “Real Racing 3” ialah membangun karir balap kita dari yang semula hanya seorang amatir, menuju seorang profesional. Ratusan model mobil serta puluhan lintasan yang dapat dijumpai dalam video game ini juga diadopsi dari sejumlah merek atau lokasi yang benar-benar ada di kehidupan nyata. Sebut saja merek mobil BMW, Ford, Nissan, Mazda, Ferrari, dan sejumlah merek terkenal lainnya, kemudian juga lintasan dari sejumlah negara seperti Jepang, Australia, India, maupun yang lainnya!


 
Sesuai nama dari game ini yang menggunakan kata “real”, bisa dikatakan setiap detik dan setiap sudut pandang dari “Real Racing 3” memiliki grafis yang mendekati nyata. Jangan kaget ketika Anda merasa terik matahari ada kalanya menyilaukan pandangan, kemudian butiran debu yang beterbangan dilintasi mobil dalam kecepatan tinggi, hingga percikan api yang ditimbulkan ketika satu sama lain mobil bertabrakan atau bergesekan. Mobil-mobil yang diperlakukan secara kasar juga akan terlihat mengalami kerusakan seperti pintu yang penyok, kaca yang retak atau pecah, hingga kap bagian depan yang nyaris lepas. Namun, syukurlah setiap kerusakan yang timbul dapat diperbaiki setelah pertandingan selesai. Bila Anda seorang yang kreatif, Anda juga dapat menambahkan desain-desain khusus pada mobil kesayangan Anda, meningkatkan  performa mesinnya, kemudian juga menerapkan berbagai modifikasi fisik agar mobil itu memiliki ciri tersendiri.










Mengikuti jejak kesuksesan seri-seri “Need for Speed” pada PlayStation yang juga dikembangkan oleh EA, “Real Racing 3” juga menghadirkan fitur replay yang memungkinkan kita untuk menonton ulang adegan balapan kita sendiri dalam berbagai sudut pandang yang memiliki grafis berkualitas tinggi. Tak ingin kehilangan momen spesial misalkan ketika kita tengah melakukan drifting, ketika kita berhasil menyalip mobil di depan, ataupun adegan-adegan ekstrem ketika terjadinya tabrakan, tengah menjalankan replay kita juga dapat mengaktifkan fitur kamera untuk mengambil capture. Dan lagi-lagi karena dibekali grafis yang sangat memukau, setiap hasil capture itu pun ibarat sampul promosi! Padahal itu adalah grafis yang ditampilkan secara realtime ketika balapan berlangsung!






Kita boleh menganggap “Real Racing 3” semata permainan pembunuh suntuk, tetapi pengembang kelihatannya benar-benar fokus untuk menciptakan suasana yang membuat pemainnya dapat berimajinasi sebagai seorang pembalap sungguhan, di mana pemain juga dapat memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan satu atau beberapa manajer yang akan membantu si pemain dengan kemampuan mereka masing-masing. Apa keuntungan dari memiliki seorang manajer? Cukup variatif. Ada manager yang dapat membuat pemasukan RS dari reward sebagai juara menjadi dua kali lipat, ada yang dapat membuat si pembalap lebih cepat naik level, dan ada juga yang berfokus pada menjaga kinerja mesin mobil kita agar senantiasa dalam kondisi baik.



Sementara untuk metode pengoperasian—cara mengendalikan mobil—“Real Racing 3” menyediakan tidak hanya satu metode saja, dimulai dari mengandalkan sensor akselerometer (accelerometer) sehingga kita cukup menggerakkan gawai layaknya kemudi pada mobil, layar sentuh, dan tak ketinggalan dua mode yang menjadi opsi ciri khas game-game balap profesional pada umumnya; manual serta automatic.


Penasaran untuk segera mencoba “Real Racing 3”? Anda bisa menginstalnya langsung melalui Google Play, dengan berat sekitar 50-an MB. Namun, perlu diketahui kalau itu hanya berat dari file APK yang dibutuhkan untuk penginstalasian. Ketika game pertama kali dijalankan, Anda akan kembali diminta mengunduh sejumlah file yang mencapai berat 2 hingga 3 GB. Anda harus memaklumi hal tersebut sebagai persyaratan untuk memainkan sebuah game yang memiliki grafis berkualitas tinggi. Sangat disarankan untuk terhubung dengan Wi-Fi, atau pastikan kuota Anda mencukupi, dan jaringan yang tersedia di lokasi Anda minimal 3G. Bila gawai dan kartu Anda juga telah mendukung jaringan 4G LTE, itu akan jauh lebih mempercepat proses pengunduhan.



Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 11:25 AM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer