Sunday, October 27, 2013

Hari Blogger Nasional! Yuk, Menjadi Blogger!

Hari ini—27 Oktober—Indonesia memperingati Hari Blogger Nasional yang ke-7, semenjak dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada event Pesta Blogger 2007. Ada satu hal yang menarik. Kendatipun Hari Blogger Nasional kalah dikenal dibanding dengan hari-hari istimewa lain, semisal Hari Ibu (22 Desember), Hari Natal (25 Desember), dan sebagainya, tetapi di sini kita dapat melihat bahwa keberadaan blog di Indonesia merupakan sesuatu yang penting, termasuk aktivitas blogging (ngeblog—menulis blog) bukanlah sesuatu yang dapat dipandang sebelah mata.

Sampai sekarang pun, jumlah weblog—kepanjangan dari blog—di dunia maya telah mencapai angka sepuluh juta lebih, dan masih akan terus bertambah setiap harinya, baik melalui platform blogger yang dimiliki perusahaan raksasa, Google, kemudian Wordpress, dan masih banyak lagi.

Kemudahan menjadi salah satu faktor bertumbuh pesatnya blog seiring perkembangan zaman. Kita mungkin harus cerdas untuk menjadi seorang penemu, memiliki paras menarik untuk seorang artis, suara yang baik untuk seorang penyanyi, atau modal untuk seorang pengusaha, tetapi menjadi blogger cukup memahami cara berinternet, dipadu dengan kreativitas dan keseriusan. Tanpa modal, tanpa pendidikan tinggi, tanpa terikat dengan peraturan-peraturan yang rumit, siapa saja bisa mengelola sebuah blog pribadi.

Melalui tulisan ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai dasar-dasar pengertian blog, manfaat, dan lainnya.

Pengertian

Blog dapat dikatakan sebagai sebuah media penerbitan online yang terbuka bagi siapa saja untuk memilikinya, mengelolanya,  tanpa dipungut biaya sepersen pun. Kita dapat mengibaratkannya sebagai sebuah majalah, di mana di dalamnya dapat diisi dengan berbagai konten, seperti tulisan, gambar, dan lainnya. Di samping setting default yang memungkinkan untuk diakses pengguna internet dari belahan dunia mana pun, ada kalanya blog juga difungsikan sebagai diari elektronik yang tertutup dari publik, atau ruang diskusi bagi suatu kelompok/organisasi.

Blog dapat dikelola hanya seorang diri, atau bersama, maksimum 100 blogger. Setiap template, ukuran, serta hiasan-hiasan lainnya sepenuhnya dapat disesuaikan sendiri oleh pengelola. Salah satu contoh, secara default sebuah blog tidak memiliki fitur memutarkan lagu kepada visitor-nya, tetapi fitur tersebut dapat ditemukan pada blog yang telah melalui berbagai modifikasi kode HTML—Hyper-Text Markup Language. Kreativitas masing-masing blogger menjadi penentu.

Manfaat

Berbicara tentang manfaat, jelas aktivitas blogging akan mendapatkan manfaat positif, baik untuk si blogger maupun visitor, selama segalanya dikelola secara bijak. Melalui media blog, seorang blogger dapat mengamalkan ilmu, pengalaman, atau informasi kepada dunia.

Blog juga dapat mendatangkan penghasilan tambahan, baik melalui metode menawarkan suatu produk atau jasa, dan bisa juga melalui kolom iklan. Namun, segalanya tentu harus memprioritaskan fondasi kecintaan seorang blogger terhadap aktivitas blogging, jika tak ingin berakhir dengan rasa jenuh.

Yang butuh blog

Siapa saja boleh butuh atau pantas memiliki sebuah blog, tak peduli dari kalangan apa dan berstatus apa. Bahkan, seorang artis atau pebisnis juga butuh dan pantas memiliki sebuah blog demi memuluskan kariernya. Blog juga pantas dimiliki mereka yang memiliki sebuah gagasan besar, tak peduli apa latar belakang mereka.

Remaja memfungsikan blog sebagai diari, ibu rumah tangga berbagi resep, lansia berbagi pengalaman hidup, atau mereka yang bergerak di bidang tertentu kemudian membagikan pengetahuannya. Dengan kata lain, bukan apakah sebuah blog dibutuhkan oleh siapa, tetapi tema dari sebuah blog pada dasarnya fleksibel, dapat disesuaikan sesuka hati.

Cara memiliki blog

Dewasa ini, mencari tutorial secara online sangatlah mudah. Untuk memiliki sebuah blog, dapat dilakukan dengan ‘bertanya’ kepada mesin pencari Google, Yahoo!, atau Bing. Selain itu, beredar juga cukup banyak buku tutorial yang komplet membahas mengenai modifikasi, pengembangan, dan sebagainya, di toko buku. Harga rata-rata hanya berkisar antara tigapuluh sampai tujuhpuluh ribu rupiah, tergantung ketebalan buku.

Sebagai langkah awal, bisa langsung mengakses http://blogger.com, kemudian ikuti petunjuk yang ada. Sangat mudah dan menyenangkan. Silakan buktikan sendiri!

* Oktober 2013

* Lea Willsen, penulis buku-buku komputer/internet. Buku berikut yang menyusul diterbitkan berjudul “Cepat Mahir Menguasai Blogger-Blogspot”.

*Telah muat di Harian Analisa
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 10:01 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer