Sunday, December 18, 2011

Menentukan Jaringan dan Mencari Sinyal Nokia

Pernahkah Anda ingin melakukan panggilan video, tetati ponsel Nokia Anda tidak memiliki sinyal 3G? Atau, pernahkah ponsel Nokia Anda kehilangan sinyal--bahkan hanya sinyal 2G sekalipun--hingga berjam-jam atau seharian? Hmm... Tentu mengecewakan. Namun, sebenarnya setiap ponsel memiliki fungsi untuk menentukan jaringan dan mencari sinyal secara manual. Silakan Anda perhatikan caranya di bawah.

Menentukan jaringan:

Secara default, setting pada ponsel Nokia dapat menerima dua jenis jaringan sinyal secara bergantian (2G dan 3G), tergantung jaringan mana yang sedang dalam keadaan lebih kuat. Namun, Anda dapat menentukannya secara manual, jaringan mana yang ingin Anda terapkan, dan mematikan yang satunya lagi.

Misalkan Anda ingin melakukan panggilan video, tetapi sinyal yang muncul hanya sinyal 2G saja, maka Anda perlu mematikan jaringan 2G tersebut, agar dapat memunculkan sinyal 3G yang tidak berubah-ubah. Atau sebaliknya, Anda ingin menghemat tenaga baterai, lebih memilih menggunakan sinyal 2G, dan ingin mematikan jaringan 3G.

Caranya, masuk ke "Pengaturan", "Konektivitas", "Jaringan", kemudian pada kolom "Modus jaringan", pilih sesuai yang diinginkan; UMTS (3G/3,5G) dan GSM (2G).


Mencari sinyal:

Seperti yang telah ditulis di atas, terkadang ponsel bisa saja tiba-tiba kehilangan sinyal untuk waktu yang cukup lama dan sulit untuk pulih kembali. Atau, ketika hendak melakukan panggilan video, kendati jaringan 2G telah dimatikan, tetapi ternyata sinyal 3G tetap saja tidak dapat muncul. Untuk itu, Anda perlu mencari sinyal itu secara manual.

Caranya tak jauh berbeda. Masuk ke "Pengaturan", "Konektivitas", "Jaringan", kemudian pada kolom "Pilihan operator", pilih "Manual", sekalipun memang sudah dalam keadaan "Manual". Ponsel akan bekerja untuk mencari jaringan selama beberapa detik/menit, kemudian menampilkan nama-nama operator yang tersedia. Pilihlah sesuai dengan operator yang Anda gunakan. Jika tak ada nama operator bersangkutan, silakan ulangi langkah memilih "Manual" yang terdapat pada kolom "Pilih operator".


Apabila ponsel tetap tak berhasil menangkap nama operator bersangkutan, berarti Anda benar-benar sedang berada di luar jangkauan operator. Jangan memaksakan ponsel untuk terus berulang-ulang kali mencari, karena hal tersebut akan menguras tenaga baterai. Cobalah untuk bersabar atau mencari posisi lain. Ada baiknya juga Anda mengganti profil ponsel menjadi offline untuk sementara waktu, agar tenaga baterai tidak terkuras sia-sia.






Salam,
Admin
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 9:17 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer