Wednesday, May 11, 2011

Ilustrasi Kera Sakti

Postingan ini memuat empat buah ilustrasi saya yang menggambarkan tokoh-tokoh yang ada dalam legenda fiksi terkenal karya Wu Cheng En, Journey to the West, atau yang dikenal di Indonesia sebagai Kera Sakti.

Meskipun berbentuk, tapi saya yakin keempat ilustrasi ini tidaklah termasuk bagus di mata orang lain. Namun saya tetap menghargainya dari segi seni, karena keempat ilustrasi ini bukan dibuat dengan pensil ataupun Photoshop seperti biasanya, melainkan dengan ponsel layar sentuh.

Keempat ilustrasi ini tidak detil--bahkan kasar--tapi proses pembuatannya sangat rumit dan menguras stamina serta menguji kesabaran. Saya hanya berbekal kuku yang disentuhkan pada layar ponsel. Tebal tipis garis yang dihasilkan kuku pada layar harus dikontrol dengan baik, agar tidak merusak gambar tersebut, dan tentunya juga layar ponsel saya. Belum lagi bagian kepala dan isi muka (alis, mata, hidung, dan mulut), saya mengulangnya hingga puluhan kali, sementara opsi undo pada software hanya dapat digunakan untuk tiga kali tindakan.

Nah, semoga yang melihat juga bersedia untuk menilainya dari segi seni dan proses, daripada hasil yang terlihat.

Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 6:25 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer