Tuesday, November 14, 2017

Cara Mengaktifkan Virtual Technology

Virtual Technology (VT) atau yang juga dikenal sebagai VTx merupakan sebuah fitur khusus yang hanya ada pada jenis-jenis komputer tertentu, di mana kegunaannya ialah membuat komputer tersebut bekerja seolah memiliki beberapa CPU—CPU fisik asli dan CPU virtual. Dengan demikian, kinerja pada komputer diyakini dapat meningkat hingga sepuluh kali lipat!

Manfaat dari virtual technology pun semakin terasa apabila Anda adalah seorang gamer yang hobi memainkan game HD, maupun game untuk Android yang mengandalkan suatu emulator. Game-game yang sebelumnya error, respons lambat, lag dan berbagai gangguan negatif lainnya, pun menjadi lebih lancar. Anda mungkin ingin bermain game sambil meng-convert video agar tidak membuang-buang waktu, membakar CD/DVD, maupun memutar musik, dengan adanya sejumlah CPU virtual yang bekerja secara paralel, komputer Anda akan bekerja lebih ringan dibanding apabila Anda hanya mengandalkan sebuah CPU fisik.

Namun, secara default beberapa komputer yang memiliki kemampuan VT justru dalam kondisi tidak mengaktifkan fitur tersebut. Melalui postingan kali ini, kita akan menjelaskan cara untuk mengaktifkan VT atau VTx.

Pertama, masuk ke dalam setting BIOS komputer Anda. Cara untuk masuk ke setting BIOS pada masing-masing komputer berbeda, namun umumnya adalah menekan tombol Delete atau F2 (salah satu) secara berulang kali ketika dalam proses booting (sebelum masuk ke layar Welcome). Apabila cara ini tidak bekerja pada komputer Anda, cobalah search di Google berdasarkan merek komputer/motherboard. Misalkan dengan keyword “cara masuk ke BIOS pada laptop Dell”, “cara masuk ke BIOS pada laptop Lenovo”, “cara masuk ke BIOS motherboard Acer”, atau “cara masuk ke BIOS pada laptop Toshiba”, dan senadanya. Cara alternatif selain search sendiri, Anda boleh langsung mengeceknya dari sini.

Setelah masuk ke BIOS, jangan salah mengubah apa pun, kecuali menu dengan bunyi “virtual”, baik itu “Virtualization Technology”,  “Intel Virtualization Technology”, “VTx”, “VTd” atau yang senadanya, dari Disabled menjadi Enabled. Untuk memberi Anda gambaran yang lebih jelas, perhatikan beberapa foto yang menunjukkan keberadaan menu tersebut pada beberapa jenis tampilan BIOS.







Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 10:18 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer