Sunday, June 12, 2016

Mengatasi Android Tidak Bisa Menerima Panggilan Maupun SMS


Banyak tutorial telah menjelaskan terkait permasalahan gawai Android yang tidak bisa menerima panggilan maupun SMS, di mana umumnya dianjurkan untuk mengurangi muatan pada memori internal, maupun menghapus aplikasi bermasalah tertentu, seperti yang mungkin juga Anda ketahui salah satunya konon berasal dari aplikasi official sebuah operator ternama. Namun, tutorial ini masih ditulis, siapa tahu setelah tutorial-tutorial lainnya gagal memberikan solusi kepada Anda, dan kemungkinan tutorial ini justru dapat membantu Anda.
Lagipula, kalau masalah tidak bisa menerima panggilan maupun SMS memang karena minimnya memori internal, kondisi tersebut semestinya sudah jarang dijumpai untuk sejumlah gawai modern yang umumnya dibekali kapasitas memori internal cukup besar, sekalipun dengan harga jual yang bersahabat. Selain itu, belum tentu juga semua dari kita menginstal aplikasi official dari operator ternama yang dimaksudkan di atas, dan dalam beberapa kasus masalah yang bersumber dari aplikasi operator itu hanya terjadi pada merek gawai tertentu. Dengan kata lain, yang Anda alami kemungkinan justru sama seperti yang penulis alami, di mana setelah mencabut pasang ulang sejumlah aplikasi dan mengecek sejumlah setelan, masalah tetap tidak terselesaikan.
Lebih lanjut, kondisi masalah yang kemungkinan sama dan dapat diselesaikan dengan tutorial ini ialah gawai tetap dapat melakukan panggilan maupun SMS, memiliki bar sinyal yang cukup baik, tetapi hanya tidak bisa menerima panggilan maupun SMS. Ketika dihubungi dengan nomor lain, akan terdengar pesan berbunyi, “Mohon menunggu. Nomor yang Anda tuju sedang dialihkan”. Secara pribadi bahkan penulis sempat mencurigai masalah tersebut timbul oleh sejenis malware, atau aplikasi penyadap yang diam-diam bersemayam di dalam gawai. Namun tentu itu juga hampir tidak mungkin, mengingat umumnya masalah malware atau aplikasi penyadap dapat dideteksi dengan metode tertentu. Jadi, apa yang perlu dicoba ternyata sederhana—jika memang masalah yang Anda alami juga sama—yaitu me-refresh jaringan yang dipilih.
Me-refresh jaringan tidaklah cukup hanya dengan menghidupkan ulang gawai, tetapi kita justru harus memilih jaringan operator lain terlebih dulu, meskipun SIM kita bukan dari operator bersangkutan, baru kembali lagi pada jaringan operator yang memang kita gunakan. Caranya ialah masuk ke Setelan>Setelan seluler>Operator jaringan>Cari jaringan, tunggu sejenak hingga muncul beberapa pilihan, kemudian pilih salah satu jaringan operator yang tidak Anda gunakan. Setelah teregistrasi dengan baik, ulangi langkah-langkah yang sama untuk kembali ke jaringan yang Anda gunakan.
Pada gawai dengan merek atau tipe tertentu, mungkin akan ada sedikit perbedaan struktur atau nama-nama menu. Namun, biasanya tidak akan berbeda jauh.



Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 2:53 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer