Wednesday, January 27, 2016

Ciri-ciri Kerusakan VGA Card pada Komputer



Tak terpungkiri, meskipun VGA card bukan menjadi sebuah keharusan bagi sebuah komputer untuk dapat menyala, banyak di antara kita yang amat membutuhkan hardware pengolah grafis tersebut untuk memeroleh kualitas tampilan layar yang optimal, semisal ketika sedang mengedit foto, rendering video, atau yang umumnya paling menjadi pertimbangan, yaitu aktivitas bermain game. Namun, disadari atau tidak, ketika sebuah VGA card mengalami kerusakan, dan meskipun fungsi utamanya hanya untuk mengolah grafis, bisa saja memiliki dampak yang lebih luas sekaligus menghambat aktivitas kerja kita dengan komputer bersangkutan. Lebih ironis lagi, mungkin akan terjadi kesalahan dalam memvonis hardware lain yang diduga rusak, lalu pergantian yang semestinya tidak dibutuhkan pun dilakukan, dan membuat biaya perbaikan menjadi membengkak.
Lantas, apa dan bagaimana cara memahami ciri-ciri rusaknya sebuah VGA card? Di sini, kita akan membahasnya, dan apabila ada yang memiliki pengalaman yang lebih kompleks, mohon untuk ditambahkan agar saling melengkapi, melalui kolom komentar.
1.       Tampilan layar yang bergaris, diikuti dengan warna yang berubah tawar.
2.       Tampilan freeze, tak ada satu pun yang dapat bergerak, baik itu kursor tetikus, maupun yang lainnya.
3.       Tampilan tiba-tiba hilang sekian detik, lalu muncul kembali diikuti dengan pesan yang menjelaskan display adapter telah terpulihkan. Jika memang ada yang mengalami hal ini, lekaslah menyimpan tugas-tugas penting yang tengah dikerjakan begitu tampilan muncul kembali. Pasalnya, potensi terjadinya ciri ke-4 di bawah sangat besar.
4.       Komputer mengalami restart sendiri, dan umumnya ketika menyala kembali, tampilan tak akan muncul di layar. Kalau muncul pun, mungkin komputer akan mengalami ciri ke-1 di atas.
5.       Komputer gagal booting, tertahan pada layar tampilan motherboard.
6.       Komputer dapat booting, namun dengan tampilan-tampilan pada layar, baik icon, menu, dan lainnya yang terlihat lebih besar dan kasar dari biasanya. Hal ini biasanya terjadi karena driver VGA card yang mengalami kerusakan. Kita boleh coba menginstal ulang driver tersebut melalui CD bawaan yang diperoleh ketika membeli VGA card. Namun perlu diingat juga, salah satu penyebab rusaknya driver ialah VGA card yang bekerja tidak normal. Dan jika benar demikian, instal ulang driver hanya bersifat memulihkan sementara waktu, tetapi itu tidak akan mengatasi atau mencegah rusaknya hardware VGA card.
Demikianlah ciri-ciri dari kerusakan VGA card. Adapun solusi yang dapat dilakukan ialah ganti yang baru, atau sekiranya bila komputer hanya dibutuhkan untuk pekerjaan ringan, misalkan mengetik dokumen, VGA card dapat dilepaskan, dan komputer tetap dapat menyala dengan VGA onboard—atau VGA bawaan motherboard. Kita cukup menjalankan CD bawaan dari motherboard, lalu instalkan driver dari VGA onboard tersebut.
Berapa lama umumnya sebuah VGA card mengalami kerusakan? Relatif. Kerusakan umumnya juga bisa disebabkan oleh pasokan listrik yang tidak stabil. Ada VGA yang sanggup bertahan lebih dari tujuh tahun, ada yang tak sampai tiga bulan saja mengalami nasib nahas. Coba saja melakukan klaim garansi, karena umumnya hardware-hardware komputer memiliki garansi selama satu tahun.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 9:10 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer