Thursday, October 22, 2015

Facebook Lite untuk Menghemat Memori Internal pada Android



Kehadiran Facebook mungkin telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat di berbagai pelosok dunia. Dengan dukungan sejumlah aplikasi Facebook untuk berbagai jenis smartphone, maka kita dapat terhubung dengan kenalan-kenalan setiap saat, saling sapa, berbagi konten, atau bertukar pikiran. Tetapi, tak dipungkiri kalau terhadap sejumlah smartphone Android yang hanya berkapasitas memori internal rendah, terinstalnya aplikasi Facebook justru menjadi masalah tersendiri, oleh sebab cukup beratnya aplikasi tersebut memakan memori internal, serta akan terus bertambahnya berat tersebut seiring pemakaian.

Beberapa artikel yang memaparkan tip untuk membebaskan memori internal menyarankan untuk menghapus aplikasi Facebook yang disebutkan sebagai satu dari lima aplikasi yang paling menyita memori internal. Tetapi, dengan dihapusnya aplikasi Facebook, berarti si pengguna tak dapat terhubung lagi setiap saat dengan kenalan-kenalannya.

Tetapi, dengan hadirnya aplikasi Facebook Lite, bisa dibilang masalah sesaknya memori internal pada sejumlah smartphone low-end usah dikhawatirkan lagi. Pihak Facebook mengklaim kalau aplikasi ini dapat dijalankan dengan kondisi koneksi apa saja, sekalipun hanya 2G, dan data yang diterima juga sangat ringan sehingga lebih menghemat kuota.

Berdasarkan ujicoba penulis, Facebook Lite kelihatannya bekerja dengan cara hanya mengambil (mengunduh) data yang dibutuhkan, kemudian dibuang kembali begitu aplikasi sedang tak dipakai, dan hanya menyisakan secuil data login dan cache sekitar 4 MB. Untuk data aplikasi itu sendiri yang terinstal bahkan hanya sekitar 1 MB. Berbeda jauh dengan aplikasi Facebook terdahulu yang beratnya bisa mencapai ratusan MB!

Walau mengonsumsi data yang sedikit, bukan berarti aplikasi Facebook Lite hadir dengan fitur pas-pasan. Bisa dibilang fitur yang ada pada Facebook Lite sudah lengkap, dimulai dari tampilan foto jernih yang mendukung zoom, pilihan bahasa yang banyak, pemberitahuan realtime, bahkan juga chatbox dengan dukungan stiker yang tanpa membutuhkan aplikasi Facebook Messenger yang dianggap menyebalkan bagi sebagian pengguna.

Sedikit kekurangan dari Facebook Lite ialah belum mendukung tampilan landscape—namun ini bisa diakali dengan aplikasi Screen Rotation—dan tidak dapat memutar video secara langsung. Usah khawatir, video tetap dapat diputar dengan bantuan browser sebagai perantara. Selebihnya, rasanya tak ada yang perlu diragukan dari Facebook Lite!

Untuk menginstal Facebook Lite, unduh langsung melalui Play Store dengan keyword “facebook lite”. Anda juga dapat menghapus aplikasi Facebook yang terdahulu, dan Facebook Lite dapat tetap bekerja sendiri tanpa terikat dengannya.

Berikut beberapa screenshot Facebook Lite: 





2L, 2015






Ketahui lebih banyak tip dan tutorial smartphone Android melalui buku “Cara Tokcer Android Canggih Tanpa Rooting” dari penulis yang dapat dijumpai di berbagai toko buku terdekat di kota Anda. Bonus CD!
 
Cara Tokcer Android Canggih Tanpa Rooting

Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 2:52 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer