Saturday, April 11, 2015

Mengatasi Masalah Redirect URL pada Blog



Masalah redirect URL yang dimaksudkan di sini ialah kondisi ketika blog kita diakses, dalam proses load halaman itu, tiba-tiba browser teralihkan ke URL situs lain. Hal ini tentu merugikan, bahkan sangat merugikan. Pertama, mungkin saja kita kehilangan banyak visitor. Kedua, visitor menjadi kesal dan merasa terganggu, karena umumnya blog teralihkan ke situs berbau iklan. Ketiga, pagerank menjadi turun. Ketiga kondisi ini semua dialami blog ini. Kecewa memang. Namun ikhlaskan saja. Soal pagerank itu bisa diperoleh kembali. Yang penting adalah mengatasi masalah redirect URL agar blog kembali sehat.

Salah satu penyebab terjadinya redirect URL ialah keberadaan widget jahat dari pihak ketiga yang diam-diam memberi perintah, tetapi tidak kita sadari dan tetap kita pergunakan widget tersebut. Hal ini juga mencakup berbagai widget yang membutuhkan kode tambahan pada bagian template. Bisa saja kode yang ditambahkan mengandung kode jahat. Kemungkinan lain, hacker menggunakan tool tertentu untuk menanamkan kode jahat itu tanpa persetujuan kita.

Adapun solusinya yang paling sederhana dan patut pertama dicoba, cek satu per satu widget. Bila perlu lepas satu per satu dan perhatikan apakah masalah masih berlanjut.

Bila masalah masih berlanjut, berikutnya coba perhatikan atau catat URL utama dari situs tujuan redirect. Tidak untuk seluruhnya, cukup URL utama seperti http://www.hanya-contoh.com. Masuk ke ruang Edit HTML, gunakan Ctrl+F untuk membuka mesin pencari, temukan URL bersangkutan. Jika ada, coba amati dan ambil tindakan terbaik untuk membuang URL beserta rangkaian kode pendukungnya.

Jika pada solusi kedua yang ditawarkan Anda tidak berhasil menemukan URL yang dimaksud, solusi terakhir adalah ganti template Anda ke salah satu template default yang disediakan Blogger. Tindakan ini akan mengakibatkan setiap modifikasi dari template lama yang telah pernah diterapkan turut terhapus. Namun, umumnya inilah solusi terbaik yang dipastikan berhasil mengatasi masalah redirect URL, walau pekerjaan berikutnya ialah Anda harus modifikasi ulang template yang baru, memasang dan menyesuaikan background, layout, dan sejumlah fitur lainnya.


Masalah masih berlanjut?! Besar kemungkinan komputer/laptop Anda yang terjangkit malware atau adware, dan sebenarnya blog Anda dalam kondisi sehat.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 11:55 AM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer