Saturday, July 1, 2017

Review GT Racing 2 - Game Balap Berbahasa Indonesia yang Menarik!





Satu lagi game yang wajib dicoba bagi para pencinta game balap, yaitu GT Racing 2! Meskipun dibandingkan dengan game balap seperti Real Racing 3 (lihat review-nya di sini) maupun Need for Speed – No Limits (baca review-nya di sini) game satu ini masih kalah secara ketenaran dan jarang dibahas, tetap terasa amat kalau game buatan pengembang ternama—Gameloft—ini bukanlah sebuah game yang dibuat secara asal jadi, atau semata sebagai sebuah wadah penampil iklan yang umumnya ditemukan pada sejumlah game balap yang abal-abal. Lantas, apa saja hal-hal menarik yang ditawarkan oleh GT Racing 2?!

Grafis

Penulis yakin, para pencinta game balap akan secara kompak menilai baik-buruknya sebuah game balap dengan mengedepankan pertimbangan soal grafis, atau kualitas gambar yang ditawarkan. Tanpa adanya grafis yang berkualitas, seberapa apik pun sebuah konsep balapan yang diusung, tetap saja mengendarai mobil dengan merek apa pun hanya serasa menggerakkan tumpukan pixel yang sama sekali tidak ‘seksi’. Namun, usah ragu. GT Racing 2 telah didukung oleh grafis yang bagus dan tidak membuat mata lelah.








Tetapi, disebut memiliki grafis yang bagus, GT Racing 2 tetap belum memiliki grafis sebaik RR 3 (Real Racing 3) maupun NfS – No Limits (Need for Speed – No Limits). Berdasarkan pengamatan penulis, hal itu dikarenakan masih kurangnya efek pantulan cahaya, baik pada kaca-kaca bangunan, maupun body mobil yang seakan mengkilap. Praktis, ada sedikit kesan kalau mobil dari game ini memiliki permukaan yang dof, atau matte. Benar, bila Anda pernah memainkan RR 3 sebelumnya, Anda pasti tahu, salah satu tipe painting yang dapat digunakan ialah matte. Tidak bisa dikatakan buruk juga sih ya? Kalau dalam dunia desain mobil sungguhan, malah matte paint menjadi salah satu pilihan yang cukup berkelas!





Di lain pihak, GT Racing 2 memungkinkan kita untuk menyesuaikan sendiri seberapa berkualitasnya grafis yang kita inginkan melalui menu konfigurasi, sehingga praktis game ini akan lebih  ramah dijalankan pada berbagai perangkat tanpa adanya lags yang mungkin ditemukan pada RR 3 maupun NfS – No Limits.



Adapun kelebihan lain dari grafis yang ditawarkan GT Racing 2 ialah memungkinkannya ditampilkan replay untuk setiap balapan yang telah kita selesaikan. Tetapi, replay ini hanya menjadi background dari tampilan data-data berupa score untuk hasil balapan kita. Tidak akan ada fitur untuk menyesuaikan sudut pandang kamera, atau pun fitur pause dan lain sebagainya.

Alur

Tidak ada alur cerita terlalu rumit layaknya pada NfS – No Limits yang menghadirkan sejumlah karakter dengan misi yang berbeda-beda. Pada GT Racing 2, Anda hanya perlu menuntaskan seluruh track atau kompetisi-kompetisi resmi yang secara berkala terbuka untuk diakses, seiring dengan meningkatnya level pemain.




Karena setiap balapan adalah bagian dari kompetisi resmi pada lintasan yang resmi pula, praktis GT Racing 2 adalah sebuah game yang diciptakan dengan konsep yang bertolak belakang dari NfS yang menjadikan kita sebagai seorang pembalap liar, dan lebih menyerupai RR 3 yang juga mengusung konsep kompetisi resmi pada setiap balapan yang ada. Jadi, di sini Anda tidak harus direpotkan dengan permainan ‘Tom & Jerry’ bersama polisi, dan tidak juga harus dikesalkan oleh keberadaan traffic yang menghalangi jalan Anda. Meskipun demikian, bukan berarti dalam game ini akan kehilangan tantangan. Gameloft memiliki cara tersendiri untuk membuat Anda merasa tertantang untuk tetap memainkan game ini!

Multiplayer

Salah satu strategi Gameloft untuk membuat Anda tertarik untuk tetap memainkan GT Racing 2 ialah adanya fitur multiplayer yang memungkinkan Anda untuk berbalapan dengan pemain lain, maupun kenalan Anda sendiri, misalkan sepupu atau sahabat Anda yang terhubung pada jejaring sosial FaceBook. Ini hal yang menarik!

Pada sejumlah game lain, fitur multiplayer hanya memungkinkan kita untuk bermain dengan sesama pemain asing dari berbagai pelosok dunia, namun tidak untuk ‘face to face’ dengan seseorang yang benar-benar kita kenal di kehidupan nyata. Padahal, penulis yakin, rival terbesar dalam game balap yang paling ingin kita kalahkan justru adalah mereka yang sering duduk di samping kita bersama-sama memegang sebuah stick PlayStation maupun console lainnya. Pada GT Racing 2, ‘perang’ Anda dengan yang bersangkutan bisa dilanjutkan hingga melalui perangkat mobile.

Mobil

Untuk tipe mobil yang tersedia pada GT Racing 2, setidaknya ada 80-an mobil dari berbagai kelas dan juga berbagai merek. Di awal permainan, Anda hanya mendapat 4 pilihan mobil untuk dibeli. Dan seiring meningkatnya level, mobil-mobil lain akan menyusul ditawarkan kepada Anda.









Layaknya standar bagi setiap game balap profesional, GT Racing 2 juga memungkinkan kita untuk meningkatkan performa mobil dengan meng-upgrade berbagai sparepart. Selain itu, Anda juga dapat mengganti warna dari body mobil Anda. Sayangnya, belum ada fitur decal untuk menambahkan berbagai motif pada body mobil. Maklum saja, di sini peran Anda bukan seorang pembalap jalanan, dan tentu saja tidak wajar bila Anda memacu mobil dengan desain aneh-aneh di dalam sebuah lintasan resmi.

Kontrol

Untuk kontrol gerak mobil, terdapat banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Dalam hal ini, bisa dikatakan sama sekali tidak ada kendala, dan Anda akan sangat nyaman memainkan GT Racing 2. Lebih jelasnya, lihatlah capture di bawah.



Overall, jangan ragu menginstal GT Racing 2. Anda bisa menginstalnya secara gratis melalui Play Store, dengan ukuran APK sekitar 830-an MB, tanpa adanya data tambahan lainnya.
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 1:34 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer