Tuesday, April 3, 2012

Anda Sering Download Video?! Anda butuh Webm Converter!

Masih ingatkah Anda dengan file vp6 flash?! Bila Anda adalah seorang yang gemar mencari video di internet daripada beli VCD, tentu masih ingat dengan vp6 flash. Vp6 flash adalah sebuah format video yang beberapa tahun lalu diberlakukan sebagai file format baru di situs penyedia video terkemuka, Youtube. Kala itu, kehadiran vp6 flash cukup merepotkan, karena sudah dua kali lipat lebih berat, ternyata file tersebut cenderung tidak bisa diputar di berbagai program dan juga tidak bisa di-convert. Namun, seiring waktu, kini telah bermunculan juga beragam pilihan converter yang mampu 'menaklukkan' vp6 flash. Selain itu, versi terbaru dari berbagai player juga telah mampu memutar vp6 flash, sekalipun tidak di-convert.

Nah, setelah vp6 flash teratasi, ternyata Youtube kini kembali memberlakukan format file baru lain lagi. Format file tersebut ialah vp8, atau yang lebih dikenal sebagai "webm". Webm bahkan juga lebih berat lagi daripada vp6 flash. Meskipun pada dasarnya untuk memutar webm tidak akan menemukan masalah besar, karena file tersebut masih dapat diputar dengan browser. Namun, tentu saja rasanya lebih tidak nyaman, karena bagaimana pun juga memutar video dengan browser tidak akan memiliki beragam setting lengkap untuk mengoptimalkan kualitas tampilan video serta audio. Dan lagi, webm masih belum dapat di-convert dengan sembarangan converter, yang berarti sulit bagi kita untuk mengubah video tersebut menjadi MP4, 3GP, ataupun MP3 agar dapat dipindahkan ke ponsel serta gadget lainnya.

Beberapa situs menawarkan fitur convert secara online, namun kebanyakan malah amat merepotkan, serta memboros kuota internet. Selain itu, kualitas video yang dihasilkan juga pas-pasan. Oleh karena itu, di sini kita akan coba meng-convert webm dengan Miro Video Converter (MVC). Meskipun tampilan MVC sangat sederhana, namun berbicara soal kualitas, Anda tak perlu meragukannya.

Anda tinggal menyeret (drag & drop) file ke dalam layar MVC, kemudian klik convert, dan menunggu hingga selesai. Anda sebaiknya sabar menunggu, karena satu kekurangan dari MVC ialah tak mampu meng-convert secara cepat. Berdasarkan uji coba pada komputer WinXP, Core2duo, video durasi 10 menit dengan berat 62MB, proses convert membutuhkan kurang lebih 30 menit (6x lebih lama dari program converter biasa).

Untuk sekarang ini kebanyakan video di Youtube memang masih berupa vp6 flash, namun tak ada salahnya Anda mempersiapkan MVC, karena sewaktu-waktu mungkin saja video yang Anda download ternyata berupa vp8. MVC adalah program gratis. Selain digunakan untuk meng-convert webm, Anda juga dapat menggunakannya untuk meng-convert berbagai jenis file video lainnya. Satu hal yang perlu diingat, sebelum Anda meng-convert sebuah file video, pastikan nama file itu tidak mengandung aksara Mandarin, Jepang, dan lainnya. MVC hanya menyerap file-file dengan nama aksara 'abc' standar. Silakan download di: http://www.mirovideoconverter.com. Pilih sesuai OS komputer/laptop Anda.

Salam,
Admin


NB: vp8 telah hadir sejak 2010, namun baru mulai banyak ditemukan belakangan ini.








Keyword: vp8 converter, webm converter, webm to mp4, webm to 3gp, webm to mp3, cara mengubah vp8, cara mengubah webm, cara memutar webm, cara memutar vp8, video converter, mengubah format video...
Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 10:59 PM
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer