Tuesday, December 13, 2016

Meningkatkan Kualistas Grafis dari Need for Speed No Limits



Menyambung postingan sebelumnya yang membahas tentang salah satu game balap berkualitas yang ada pada sistem operasi Android, yaitu Need for Speed No Limits, postingan kali ini kita akan mempelajari cara untuk meningkatkan kualitas dari grafis default yang ditawarkan. Kita semua tahu, walau tidak melakukan apa pun, pada dasarnya kualitas grafis yang dimiliki oleh setiap seri Need for Speed sudah cukup baik dibandingkan dengan sejumlah game balap lainnya. Tetapi, tanpa banyak diketahui oleh para pemainnya, pihak pengembang—Electronic Art dan Fire Monkey—diam-diam masih menanamkan sebuah trik khusus yang memungkinkan kita untuk meningkatkan kualitas grafis dari game tersebut.
Adapun beberapa perbedaan yang akan terasa ialah game Need for Speed No Limits akan menjadi memiliki lokasi balap dengan setting hujan, peningkatan detail body mobil maupun objek-objek lainnya, tanah yang akan terlihat basah dan memantulkan objek-objek di atasnya. Kualitas pencahayaan yang lebih detail, kualitas kamera (sudut pandang) yang lebih baik dengan adanya efek blur pada kondisi tertentu, ban mobil yang akan mengeluarkan asap ketika melaju cepat, hingga objek-objek pada jalanan—semisal tiang listrik atau lampu jalanan—yang akan hancur atau terpental ketika tanpa sengaja tertabrak oleh kita. Untuk lebih jelas, coba amati beberapa capture di bawah.

Jalanan terlihat lebih jelas

Efek cahaya serta tekstur pada lantai lebih detail

Ruangan lebih terang dan objek terlihat lebih jelas

Jalanan terlihat basah

Lampu bagian depan mobil lebih tajam

Kualitas setiap objek lebih detail dan kontras

Objek di kejauhan lebih jelas berkat lampu depan yang terang

Jalanan terlihat basah dan memantulkan objek di atasnya. Lampu penerang jalan di kejauhan juga terlihat lebih jelas

Goresan pada body mobil

Kita akan memulai tutorial untuk meningkatkan kualitas grafis pada Need for Speed No Limits, di mana kita cukup mengubah sejumlah setting yang ada pada sebuah file dengan ekstensi json yang tersimpan pada lokasi penyimpanan data-data game tersebut yang ada pada smartphone bersangkutan. Hal yang perlu Anda ketahui di sini ialah dengan memodifikasi file json, ada grafis yang mengalami peningkatan, dan ada juga yang terkadang malah mengalami bugs dan menunjukkan tampilan yang tidak semestinya, yang umumnya disebabkan oleh tidak mendukungnya hardware GPU pada masing-masing perangkat. Namun, ini tidak akan berakibat fatal. Bahkan ketika Anda ingin mengembalikan kondisi seperti semula, Anda tidak harus memperbaiki file json yang telanjur diubah. Anda cukup membuang file tersebut, dan secara otomatis file akan kembali tercipta dengan format default ketika game kembali dijalankan.
Pertama, agar lebih praktis dan menghemat waktu, Anda bisa langsung mengunduh file json yang telah penulis sesuaikan melalui link di bawah. Terdapat 4 versi dengan level kualitas grafis yang berbeda-beda. Semakin tinggi versi grafis yang diinginkan, semakin dibutuhkan pula spesifikasi hardware yang lebih tinggi. Anda bisa sesuaikan sendiri berdasarkan spesifikasi hardware perangkat Anda. Misalkan ketika pada grafis level tinggi game mengalami bugs atau lags, maka cobalah grafis dengan level lebih rendah.

Grafis Level 1 - Penambahan suasana hujan pada malam hari

Grafis Level 2 - Penambahan suasana hujan pada malam hari - Penambahan objek-objek khusus seperti tiang listrik maupun partikel kecil lainnya

Grafis Level 3 - Penambahan suasana hujan pada malam hari - Penambahan objek-objek khusus seperti tiang listrik maupun partikel kecil lainnya - Penambahan berbagai efek seperti kabut maupun peningkatan bayangan serta pencahayaan  

Grafis Level 4 - Penambahan suasana hujan pada malam hari - Penambahan objek-objek khusus seperti tiang listrik maupun partikel kecil lainnya - Penambahan berbagai efek seperti kabut maupun peningkatan bayangan serta pencahayaan - Peningkatan kualitas tampilan untuk setiap objek serta efek tambahan

Pastikan game sedang tidak dalam kondisi berjalan baik di depan atau di belakang layar, lalu pindahkan file json ke direktori Internal\Android\data\com.ea.game.nfs14_row\files\var. Timpa file yang asli, atau yang bernama graphicsSettings.json. Coba jalankan game, dan lihat perbedaannya. Khusus pada suasana malam, biasanya setting akan berubah menjadi berhujan.
Bila ternyata keempat file json kurang cocok dengan smartphone Anda, atau malah mungkin ada beberapa dari kita yang sebenarnya smartphone-nya terlalu berat menjalankan game Need for Speed No Limits dan ingin coba menjalankannya dengan kualitas grafis di bawah default agar lebih ringan, bisa juga menerapkan setting sesuai keinginan sendiri. Caranya, copy kembali file json ke komputer/laptop, buka Notepad, lalu buka file json tersebut dari menu Open yang ada pada Notepad. Anda akan mendapati beberapa bagian bertuliskan false atau true. Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan. False berarti mematikan fitur, dan true berarti kebalikannya, menghidupkan fitur bersangkutan.  Akan tetapi, khusus untuk bagian  "override", biarkan tetap dalam posisi true. Pada bagian-bagian tertentu yang mengandung kata “level”, tentukan untuk menggunakan nilai 0 sampai 4 (tidak boleh lebih). 0 berarti kualitas terendah, dan 4 berarti kualitas terbaik (tidak semua smartphone dapat menjalankan kualitas terbaik).
Untuk mempermudah pengeditan, Anda bisa meng-cut isi teks dari file json tersebut ke situs http://jsonlint.com, kemudian klik Validate JSON. Situs tersebut akan membantu Anda memisahkan baris demi baris pada teks yang semula berdempetan. Setelah selesai, copy kembali teks ke Notepad di mana Anda mengambilnya tadi, Save, pindahkan kembali file ke smartphone, dan coba tes lagi game tersebut. Apabila terjadi gangguan atau error pada tampilan, Anda bisa coba ubah kembali sejumlah setting yang mungkin berpotensi menjadi penyebabnya.
Bagi yang tidak memungkinkan mengedit file json dengan komputer/laptop, bisa juga melakukannya dengan aplikasi Json Genie FREE yang bisa diunduh melalui PlayStore. Hal penting yang perlu diingat adalah baik mengedit json dari komputer/laptop atau aplikasi, file json yang telah diedit tidak bisa langsung di-save pada direktori Internal\Android\data\com.ea.game.nfs14_row\files\var. Jadi, save ke lokasi lain terlebih dulu, baru pindah dan timpa yang sudah ada. Sebagai penutup, Anda juga bisa memutar video yang menampilkan perbedaan antara sebelum dan sesudah penyesuaian grafis melalui file json. Coba juga baca Strategi Memenangkan Fastlane pada Need for Speed NO Limits.

Posted by Art Dimension
Art Dimension Updated at: 12:58 PM

21 comments:

  1. Mantap trik'y berjalan dgn baik... Cm di hh ku lenovo a7000+ klo pas malam (hujan) agak ngelag.. apa krna gpu'y kurang mumpuni ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, coba bersihkan RAM sebelum menjalankannya, Gan. Memang pada suasana hujan, untuk beberapa ponsel agak berat

      Delete
  2. Mantab trick nya... Hasilnya memuaskan thanks buat tricknya gan...

    ReplyDelete
  3. Kak nih gimna maksud kaka filenya di timpah ke file need for speed nha gitu ....

    ReplyDelete
  4. Solusi kenapa baru mau buka apk NFS no Limits langsung FC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor yang bisa jadi penyebab. Namun, yang umum terjadi karena data aplikasi sudah terburu2 dipindahkan ke eksternal begitu selesai diinstal. Pastikan untuk menjalankan aplikasi dengan membiarkan data tetap berada di internal pas pertama kali dijalankan. Pindahnya di lain waktu saja.

      Delete
    2. BTW FC ini karena setelah menerapkan tutorial di atas, atau lain persoalan, Friend? Karena tutorial ini seharusnya tidak akan menyebabkan FC. Paling lags dan cukup ganti dengan file midifikasi yang lain.

      Delete
  5. Mantap om, thx tutor nya . Oiya, efek selain hujan ga ada ya ?

    ReplyDelete
  6. Punya ane kok error ya
    Kyak di jalan nya ada kotak" kecil gitu
    Dan agak leg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemampuan GPU kurang mendukung. Coba gunakan link level grafis yang lebih rendah.

      Delete
  7. Widih. Hebat artikelnya.... Detail sekali

    ReplyDelete
  8. Malah gak bisa di buka, ada tulisan google play tidak dapat terhubung, tolong bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Saputra, coba sinkronisasi ulang akun Google yang ada di dalam smartphone.

      Delete

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.

Entri Populer