Sunday, May 24, 2015

Mengatasi Masalah pada Google Chrome

Aktivitas online—atau daring—dewasa ini tak sekadar menjadi media hiburan, tetapi media untuk mencari informasi/referensi, dan juga sejumlah kepentingan yang berhubungan dengan pekerjaan, baik itu untuk serah-terima dokumen, file, maupun mendata/meng-input sesuatu. Untuk dapat online, terlepas dari adanya jaringan internet yang memadai, sebuah komputer/laptop membutuhkan program yang biasa disebut browser. Hanya saja, terkadang bisa saja kita mendapati masalah misalkan suatu browser yang tiba-tiba tak bekerja sebagaimana mestinya, tak dapat terhubung ke jaringan, sehingga aktivitas kita pun menjadi terganggu.
Browser alternatif mungkin menjadi pilihan atau keputusan yang baik. Namun, terkadang browser juga memiliki keterikatan seperti sebuah kamar atau rumah baru, di mana ketika kita baru berpindah padanya, kita cenderung butuh penyesuaian yang terkadang mungkin membuat kita merasa tak nyaman. Terlebih bila kita telah menyimpan banyak bookmark pada browser kita yang tengah bermasalah.
Dalam postingan kali ini—sesuai judul—kita akan mencoba beberapa solusi untuk mengatasi browser Chrome yang tak dapat terhubung ke jaringan. Solusi akan dijabarkan berdasarkan masalah yang paling umum terjadi, sampai yang lebih jarang terjadi. Diharapkan Anda mencobanya satu demi satu terlebih dulu. Bila solusi yang pertama tak menyelesaikan masalah, baru lanjut pada solusi kedua, demikian seterusnya.
1. Tanggal dan jam
Tanggal dan jam pada sebuah komputer/laptop bisa saja menyebabkan sebuah browser menjadi gagal terhubung ke jaringan. Umumnya hal tersebut terjadi ketika baterai cmos pada komputer sudah habis daya, masalah pada setting BIOS, atau kerusakan pada motherboard (jarang terjadi). Penanganan paling sederhana ialah coba sesuaikan terlebih dulu tanggal atau jam pada komputer/laptop. Anda dapat melakukannya dengan klik tanggal dan jam yang ada di sudut kanan bawah layar, lalu pilih Change date and time settings. Bila setelah disesuaikannya tanggal dan jam masalah terselesaikan, tetapi tanggal dan jam itu kembali lari di lain waktu, disarankan untuk coba mengganti cmos.
Tanggal dan jam
2. Hapus cache dan cookie

Bila masalah bukan diakibatkan oleh larinya tanggal dan jam pada komputer/laptop, solusi selanjutnya adalah menghapus cache dan cookie pada Chrome. Caranya, jalankan Chrome, input chrome://settings pada address bar dan tekan enter, gulir halaman ke bawah dan klik Tampilkan setelan lanjutan, klik Hapus data penjelajahan, lalu pilih Awal waktu pada bagian Hapus item berikut dari, centang Riwayat jelajah, Cookie serta data plugin dan situs lainnya, serta File dan gambar yang disimpan dalam cache, lalu Hapus data penjelajahan. Lamanya proses tergantung seberapa banyaknya data yang perlu dihapus. Setelah selesai, tutup dan jalankan ulang Chrome Anda.
Hapus cache dan cookie
3. Reset ke default
Solusi ketiga bila Chrome masih bermasalah. Jalankan Chrome, input chrome://settings pada address bar dan tekan enter, gulir halaman ke bawah dan klik Tampilkan setelan lanjutan, gulir lagi layar hingga ke paling bawah dan klik Setel ulang setelan, konfirmasi lagi dengan pilih Setel ulang.
Setel ulang
4. Upgrade atau reinstall
Solusi selanjutnya adalah upgrade atau install ulang Chrome. Namun secara pribadi penulis berpendapat bila ketiga solusi yang ditawarkan sebelumnya telah gagal, besar kemungkinan solusi keempat ini juga tak banyak membantu dan malah merepotkan. Masalah Anda mungkin lebih memungkinkan diselesaikan dengan solusi kelima di bawah. Bila Anda siap untuk mencoba solusi yang lebih rumit proses dan praktiknya, silakan langsung lompat ke solusi kelima.
Kembali pada solusi keempat bila Anda tetap ingin mencoba setiap solusi secara berurut. Umumnya install ulang dapat dilakukan langsung melalui Chrome. Namun, bila Chrome telanjur berhenti total untuk bekerja, berarti kita perlu menggunakan cara lain. Pertama uninstall terlebih dulu Chrome yang sudah ada dengan masuk ke menu Start (klik icon Windows di sudut kiri bawah layar), pilih Control Panel, Uninstall a program, klik kanan pada Google Chrome, lalu pilih Uninstall. Selanjutnya kunjungi www.google.com/chrome melalui browser lain (rekomendasi: Firefox atau Opera) untuk install ulang versi terbaru Chrome.
Reinstall
5. Menghapus perangkat lunak jahat
Bila keempat solusi di atas semuanya gagal, kemungkinan besar masalah pada Chrome Anda adalah disebabkan oleh adanya perangkat lunak jahat seperti firewall, malware, adware, atau sejenisnya yang menyusup ke komputer/laptop Anda. Ciri-ciri umum (walau tak selalu sama) dari keberadaan perangkat lunak jahat biasanya adalah hasil pencarian Google yang disertai iklan tak jelas, atau munculnya iklan-iklan popup yang bisa saja muncul di web mana pun. Padahal, sejatinya sebuah iklan mustahil untuk muncul di web mana pun, jika iklan itu memang adalah iklan yang khusus dipasang si pemilik web bersangkutan untuk memeroleh pendapatan tambahan.
Iklan memadati hasil pencarian Google
Hasil pencarian tanpa iklan
Untuk itu, kita perlu menghapusnya agar Chrome sehat kembali. Pertama, periksa ekstensi (plug-in) yang terpasang pada Chrome dengan cara masuk lagi ke Setelan dengan meng-input chrome://settings (lagi) pada address bar Chrome dan tekan enter, lalu klik tab Ekstensi yang ada di sudut kiri atas layar, dan perhatikan satu demi satu ekstensi yang terpasang apakah ada yang namanya mencurigakan atau tidak. Jika ada, maka tindakan yang dianjurkan adalah kita harus menghapusnya dengan mengklik icon tong sampah. Namun, bila Anda ragu, untuk berjaga-jaga lakukan uji coba terlebih dulu dengan cukup menonaktifkannya (melepas centang), lalu tutup dan hidupkan ulang Chrome dan perhatikan apakah masalah masih berlanjut atau tidak. Jika tidak, berarti Anda telah mencurigai ekstensi yang benar—ekstensi yang Anda nonaktifkan—dan sekarang Anda boleh kembali masuk ke Setelan untuk menghapusnya.
Ekstensi yang mencurigakan (mungkin saja berbeda dengan yang terlihat pada layar Anda)
Namun perlu Anda pahami bahwa dengan menghapus ekstensi dari Chrome saja terkadang belum menyelesaikan masalah, karena perangkat jahat masih terpasang di sistem komputer/laptop Anda, kemudian di lain waktu ketika komputer/laptop dihidupkan ulang ekstensi pun kembali terpasang. Untuk itu, kita perlu menghapusnya hingga ke akar melalui Control Panel. Caranya, masuk ke menu Start (klik icon Windows di sudut kiri bawah layar), pilih Control Panel, Uninstall a program, lalu perhatikan satu per satu program yang berderet di sana apakah ada yang namanya mencurigakan atau hampir-hampir sama dengan nama ekstensi yang sebelumnya kita hapus. Ciri lain yang membuat sebuah program layak kita curigai adalah iconnya yang tidak jelas, publisher yang tidak jelas (perhatikan kolom Publisher), serta tanggal pemasangannya yang berdekatan dengan munculnya masalah pada Chrome, sementara kita tak merasa pernah meng-install sesuatu. Perangkat lunak jahat sejenis terkadang juga terpasang secara ‘keroyokan’, dua, tiga, lima, atau enam sekaligus pada tanggal yang sama. Silakan di-uninstall saja.
Program mencurigakan (mungkin saja berbeda dengan yang terlihat pada layar Anda)
Usai menerapkan solusi kelima secara benar, umumnya Chrome telah pulih kembali. Bila tetap tidak, kemungkinan lebih buruk ialah Chrome Anda sebenarnya tidak rusak, tetapi Windows Anda yang rusak atau mengalami crash. Masalah ini lebih kompleks dan mungkin membutuhkan format ulang seluruh komputer baru dapat terselesaikan.

2L, medio Mei

No comments:

Post a Comment

Silakan centang "Notify me" agar Anda memeroleh pemberitahuan.